Pengertian Two Factor Authentication dan Fungsinya

Belakangan ini banyak sekali terjadi pembajakan akun jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lagi yang lainnya. Para oknum yang melakukan pembajakan akun tersebut dengan sengaja membobol keamanan akun, lalu mengambil alih akun sosial media milik orang lain. Untuk itulah para developer mencoba menekan terjadinya hal semacam ini, dengan menggunakan Two Factor Authentication.

Cara ini terbilang lebih aman serta terjamin keamanannya, karena verifikasi dua langkah pada akun-akun sosial media akan terintegrasi dengan nomor telepon pemilik akun. Sehingga kemungkinan akan terjadinya pembajakan akun dapat ditekan seminimal mungkin.

Agar lebih jelasnya mari kita bahas tentang apa itu Two Factor Authentication, atau yang biasa dikenal dengan istilah verifikasi dua langkah.

Apa Itu Two Factor Authentication atau 2FA?

Bagi para pemilik akun sosial media, saat ini tidak perlu khawatir akan terjadi pembajakan akun. Karena para penyedia layanan jejaring sosial, saat ini telah banyak berusaha untuk memberikan rasa aman kepada para penggunanya. Salah satunya adalah menggunakan nomor telepon pengguna sebagai media verifikasi. Cara ini biasa disebut dengan istilah Two Factor Authentication atau dua faktor autentikasi.

Pada beberapa tahun lalu memang banyak terjadi kasus pembajakan akun media sosial. Alasannya pun cukup beragam, ada yang akunnya dijadikan media penjualan berbasis online, bahkan ada yang memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan penipuan.

Hal ini sungguh sangat merugikan bagi si pemilik akun, karena tanpa sepengetahuan pemilik akun, ternyata akun sosial medianya sudah dialih fungsikan. Bila sudah seperti ini, maka nama baik si pemilik akun dapat tercemar, bila ternyata akun hasil pembajakan tersebut digunakan untuk perbuatan yang melanggar hukum.

2 Pengertian Two Factor Authentication dan Fungsinya
source: webdevolutions

Fungsi Two Factor Authentication atau verifikasi dua langkah

Adapun fungsi dari Two Factor Authentication atau 2FA, adalah memberikan pengamanan ganda terhadap akun para pengguna jejaring sosial. Beberapa layanan media sosial sudah menerapkan cara ini untuk memberikan rasa aman kepada para penggunanya, seperti Facebook, Instagram, Snapchat dan Twitter.

Layanan berbasis online lainnya rupanya juga tidak mau ketinggalan, Google, Amazon, Microsoft, DropBox, WhatsApp, dan Paypal juga menerapkan Two Factor Authentication. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengamanan data dari pemilik akun layanan-layanan tersebut.

Cara kerja Two Factor Authentication

Belakangan ini pengguna smartphone semakin bertambah jumlahnya, dan aktifitas yang mereka lakukan dengan smartphone juga semakin lama durasinya. Hal ini menunjukan bahwa smartphone sudah menjadi barang yang cukup penting bagi masyarakat modern, dan tentunya bersifat pribadi.

Berdasarkan sifat ponsel yang terbilang privasi itulah, akhirnya para developer berusaha memanfaatkan nomor ponsel sebagai sistem keamanan tambahan untuk layanan-layanan berbasis online. Karena tidak ada yang bisa mengakses pesan singkat SMS maupun telepon yang masuk, kecuali si pemilik ponsel tersebut.

Two Factor Authentication yang menggunakan nomor telepon sebagai media verifikasi memang terbilang lebih aman. Karena seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya, bahwa ponsel bersifat pribadi. Selain itu, tidak ada orang yang bisa mengakses isi pesan SMS maupun telepon kecuali pemilik hp itu sendiri.

Adapun cara kerja Two Factor Authentication adalah sebagai berikut:

  • Pemilk akun biasanya akan diminta untuk memasukan informasi nomor telepon, sebagai pelengkap data dari akun sosial media miliknya.
  • Setelah itu, sistem akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang didaftarkan sebelumnya.
  • Kemudian pemilik akun akan diminta  untuk mengisi kolom kode yang dikirimkan ke nomor hp, pada halaman sosial media.

Dengan begitu akun sosial media yang dimiliki pengguna akan lebih sulit untuk dibajak. Hal ini dikarenakan, akun sosial medianya sudah terintegrasi dengan nomor telepon pemilik akun. Jika ada oknum yang ingin membajak akun tersebut, maka dia harus memiliki akses ke nomor ponsel si pemilik akun.

Tentu saja tidak akan mudah bagi para peretas atau pembajak akun sosial media, untuk mendapatkan akses ke nomor telepon pemilik akun.

1 Pengertian Two Factor Authentication dan Fungsinya
source:

Kesimpulan

Two Factor Authentication atau yang biasa dikenal dengan istilah verifikasi dua langkah, sangat berguna untuk memberikan pengamanan terhadap akun sosial media maupun segala jenis layanan berbasis online. Kerena sistem pengamanan ini memanfaatkan nomor telepon pengguna untuk mengirimkan kode rahasia, yang harus dimasukan ke dalam sistem sebelum login.

Oleh karena itu, bagi pengguna sosial media serta layanan berbasis online lainnya, ada baiknya untuk mengaktifkan Two Factor Authentication pada akun miliknya. Agar dapat mencegah terjadinya pembajakan akun, yang pada akhirnya dapat merugikan si pemilik akun itu sendiri.

Saat ini layanan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan Google sudah mendukung sistem pengamanan ini. Untuk itu, ada abaiknya segera daftarkan nomor telepon kamu  ke jejaring sosial tersebut. Agar dapat mengaktifkan sistem pengamanan verifikasi dua langkah, atau Two Factor Authentication pada akun sosial media milikmu.

Bagi pengguna WhatsApp yang belum mengetahui cara mengaktifkan Two Step Verification, silahkan baca artikel cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp.