Jarang Diketahui, Inilah 12 Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

Sangat jarang diketahui oleh kita, bahwa fungsi tombol windows pada keyboard komputer dan laptop tidak hanya untuk membuka start menu saja. Tetapi banyak yang bisa kita lakukan menggunakan kombinasi tombol windows dan tombol lainnya.

Fungsi lain dari tombol windows ini cukup memudahkan kegiatan kita dalam mengoperasikan komputer. Sebab kombinasi dari tombol tersebut dengan tombol lainnya, merupakan pintasan bagi kita untuk membuka fitur lain pada komputer ataupun laptop.

Pintasan ini memberikan kemudahan pada kita dalam mngerjakan tugas kantor ataupun kuliah. Sehingga untuk memanfaatkan fitur lain dari komputer, kita tidak perlu repot-repot menggeser mouse lagi.

Fungsi Tombol Windows Pada Keyboard

Bagi kamu yang belum tahu, berikut penjelasan fungsi lain dari tombol windows pada:

1. Membuka start menustart-menu-fungsi-tombol-windows

Mungkin fungsi ini sudah umum diketehui oleh kita, tombol windows berfungsi untuk membuka start menu secara langsung. Jadi kita tidak perlu menggeser mouse kearah logo windows pada taskbar, untuk membuka menu tersebut.

2. Membuka menu Action Center

action-center-fungsi-tombol-windows

Dengan mengkombinasikan tombol windows + A, maka kita bisa membuka Action Center. Fitur ini ada pada Sistem operasi Windows 8 dan 10, penampilannya menyerupai kolom notifikasi pada smartphone ataupun tablet.

3. Membuka Notification Area

notif-area-fungsi-tombol-windows

JIka kita mengkombinasikan tombol windows + B, maka kita dapat membuka notification area yang berada di pojok kanan taskbar.

4. Beralih ke layar Desktop

desktop-fungsi-tombol-windows

Untuk bisa beralih ke layar desktop dengan cepat, kita bisa menggunakan kombinasi tombol windows + D pada keyboard komputer atau laptop kita.

5. Membuka Quick Lunch pada File Explorer

quick-lunch-fungsi-tombol-windows

Aga kita bisa membuka jendela Quick Lunch dengan cepat, kita bisa melakukannya dengan mengkombinasikan tombol windows + E.

6. Membuka jendela Feedback Hub

feedback-hub-fungsi-tombol-windows

Kombinasi tombol windows + F akan membawa kita untuk menuju jendela Feedback Hub.

7. Membuka fitur Find Computer

find-computer-fungsi-tombol-windows

Dengan mengkombinasikan tombol windows + Ctrl + F, akan memudahkan kita membuka jendela Find Computer.

8. Membuka Game Bar

game-bar-fungsi-tombol-windows

Pada sistem operasi Windows 10, kamu bisa mengkombinasikan tombol windows + G untuk membuka Game Bar.

9. Menghubungkan perangkat lain dengan WiFi

connect-fungsi-tombol-windows

Bila kita ingin mengubungkan PC atau laptop kita dengan perangkat lain dengan WiFi, seperti layar proyektor , mesin printer, ataupun perangkat audio. Kita bisa menggunakan kombinasi tombol windows + K, fitur ini hadir pada sistem operasi Windows 8 dan 10.

10. Mengarahkan ke mode Sleep

sleep-mode-fungsi-tombol-windows

Jika mengkombinasikan tombol windows + L, maka layar komputer akan langsung diarahkan ke mode sleep.

11. Minimize semua jendela kerja

minimize-fungsi-tombol-windows

Cara cepat bila kita ingin meminimize semua jendela kerja pada layar monitor, kita bisa menggunakan kombinasi tombol windows + M. Sehingga kita tidak perlu repot-repot meminimize semua jendela satu persatu menggunakan mouse.

12. Menampilkan kembali semua jendela

maximize-fungsi-tombol-windows

Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi nomor 11. Dengan menggunakan kombinasi antar tombol windows + Shift + M, maka kita dapat menampilkan kembali semua jendela yang sebelumnya sudah di-minimize.

Itulah 12 fungsi tombol windows pada keyboard komputer dan laptop, yang jarang diketahui oleh orang. Padahal pintasan ini akan lebih mempercepat, pekerjaan kita dalam mengerjakan tugas kantor atau kuliah mengunakan perangkat komputer.