Teknobos
Tech in Touch

Wajib Tahu: 5 Fungsi Tombol Home Pada Smartphone

Fungsi Tombol Home – Dewasa ini smartphone memang menjadi barang yang cukup digandrungi oleh masyarakat. Karena fungsi ponsel pintar ini cukup banyak, misalnya untuk berkomunikasi, bermain game, mengakses internet dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Bila diperdalam lebih jauh, sebenarnya ada banyak misteri yang terdapat pada smartphone. Seperti kombinasi kode-kode rahasia, fungsi fitur-fitur yang ada di dalamnya, dan bahkan tombol home pada smartphone juga memiliki fungsi lain. Selain bisa digunakan untuk kembali ke halaman utama atau home screen, rupanya ada fungsi tombol home lain yang tidak kalah bermanfaat.

Fungsi Tombol Home Pada Smartphone Android

Fungsi tombol home pada ponsel android memang cukup beragam, tidak sekedar untuk membuka homes creen saja. Fungsi lain dari tombol yang biasanya  bergambar rumah tersebut, juga tidak kalah pentingnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan fungsi tombol home pada smartphone berikut ini.

1. Shortcut Screenshot / screen capture

screenshot 5 Fungsi Tombol Home Pada Smartphone
source: compsmag

Fungsi tombol home pada ponsel android yang pertama adalah, sebagai pintasan untuk melakukan screenshot atau screen capture. Beberapa jenis smartphone memang menggunakan kombinasi tombol home dan volume ataupun tombol power, untuk bisa mengambil capture layar ponsel.

2. Tombol back (kembali)

tombol back 5 Fungsi Tombol Home Pada Smartphone

Fungsi lain dari tombol home pada smartphone yang kedua adalah, dapat difungsikan sebagai tombol back atau kembali. Hal ini serupa dengan fungsi tombol home yang ada pada perangkat iPhone. Fungsi ini dibawa ke platform android, oleh perusahaan yang memproduksi ponsel pintar asal Cina, yang bernama Meizu.

Produsen ini memproduksi smartphone, dengan mengadopsi tombol home serta tampilan mirip seperti iPhone. Untuk saat ini baru Meizu saja yang membuat tombol home pada ponsel android, menjadi tombol back (kembali) juga.

3. Recovery Mode / Fastboot Mode

recovery mode 5 Fungsi Tombol Home Pada Smartphone

Fungsi lain dari tombol bergambar rumah yang tidak kalah pentingnya adalah, untuk navigasi ketika masuk ke Recovery Mode android. Karena ketika berada di dalam Recovery Mode atau Fastboot Mode, layar sentuh pada smartphone tidak akan berfungsi. Untuk itulah digunakan kombinasi tombol home, tombol volume dan tombol power, untuk navigasi di dalam Recovery Mode.

4. Recent App

recent app 5 Fungsi Tombol Home Pada Smartphone

Seperti yang kita ketahui bersama, biasanya pada smartphone Samsung fungsi tombol home, tidak sekedar untuk kembali ke layar utama saja. Tapi ketika kita menekan dan menahan tombol tersebut, maka akan menampilkan halaman Recent App. Dimana pada halaman tersebut akan ditampilkan daftar aplikasi yang baru saja dibuka, dan masih belum ditutup dengan sempurna.

Namun beberapa versi hp Samsung terbaru, tombol home yang ditekan dan ditahan akan mengakses fitur Google Now.

5. Google Now

google now 5 Fungsi Tombol Home Pada Smartphone

Pada smartphone yang memiliki sistem operasi berbasis android, salah satu fungsi dari tombol home adalah untuk mengakses fitur Google Now. Fitur ini memiliki beberapa fungsi, seperti layaknya seorang asisten virtual yang bisa memberikan kita beragam informasi yang kita butukan.

Sebenarnya ada fungsi lain, yang baru-baru ini ditambahkan untuk tombol home pada smartphone. Seperti yang kita ketahui bersama, fitur pemindai sidik jari saat ini sedang marak digunakan pada ponsel pintar. Oleh karena itu, beberapa jenis dan merek smartphone juga disematkan sensor pemindai sidik jari pada tombol home-nya.

Selain fungsi tombol home pada ponsel android, jangan lupa juga untuk membaca artikel, fungsi tombol power pada smartphone. Yang sudah pasti sangat jarang diketahui oleh para pengguna smartphone.