Fungsi QR Code Dalam Kehidupan yang Belum Banyak Diketahui Kalian!

Fungsi QR Code (Quick Response Code) – Kode QR erupakan suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994.

Dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

fungsi-qr-code

 

Pengertian Kode QR

Fungsi Code QR atau biasa dikenal dengan istilah fungsi QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang.

Fungsi: Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya.

qr-code

Berikut adalah Fungsi QR Code :

Kode QR dapat Berfungsi sebagai keamanan makanan :

Dengan cara menambahkan kode QR yang berisikan data-data mengenai kandungan nutrisi dan masa kedaluwarsa pada tiap label makanan sehingga pelanggan dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli sebab mereka dapat mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut.

fungsi-qr-code

Shortcut Untuk Mengunduh Aplikasi:

Biasanya, cara ini dilakukan untuk mempromosikan suatu aplikasi oleh developer agar bisa dengan mudah untuk diunduh. Cukup membidik QR Code dengan kamera smartphone, maka aplikasi akan terunduh otomatis di smartphone.

Untuk Promosi Sebuah Brand:

Anda bisa mamasang QR Code pada produk atau banner untuk menautkan dengan situs yang sudah kalian miliki. Selain itu, anda juga bisa tempelkan QR Code pada kaus atau seragam karyawan kamu atau tempat tempat lainnya. Cukup dengan menyekenya, makan jenis nya akan diketahui.

Alat promosi ini sebenarnya cakupannya cukup luas. Bisa juga untuk promosi pariwisata bagi pemerintah daerah atau sebagai alat sosilalisasi tentang kegiatan dari pemerintah.

Sebagai Tanda Pengenal:

Dapat memasukkan nama kamu, nomor ponsel, PIN BBM, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya), alamat rumah dan kantor, tempat usaha kamu, dan lain lain. Kamu tinggal menempelkan QR COde yang telah kamu buat dalam kartu nama dan klien kamu tinggal memindai profil diri kamu dari kartu nama.

fungsi-qr-code-barcode

Menjadikanya Materi Presentasi:

Fungsi ini sangat bermanfaat bagi kamu hususnya para pelajar, guru, dosen, atau kamu yang sedang menjadi narasumber seminar atau presentasi suatu produk. Di sini kamu dapat membuat QR Code agar materi presentasi kamu bisa di-download langsung oleh mahasiswa atau peserta seminar dengan menempelkan QR Code dalam Slide Presentasi.

Nah, itu merupakan Fungsi QR Code dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin belum kalian ketahui. Tentunya kalau kamu tahu cara memanfaatkannya, teknologi canggih ini akan sangat bisa membantu kegiatan sehari-hari. Bagai mana? Apakah kalian ingin mencobanya?