Fungsi NFC Smartphone yang Jarang Orang Tahu

218

TeknobosFungsi NFC Smartphone yang Jarang Orang Tahu – Akhir-akhir ini Anda mungkin sering melihat produk smartphone yang sering dipasangkan dengan fitur bernama NFC. NFC sendiri merupakan singkatan dari Near Field Communication, sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone Anda berinteraksi dengan perangkat elektronik lain di sekitarnya. Tidak terkoneksi dengan WiFi, LTE atau sinyal lainnya, jadi jika tidak ada sinyal tidak perlu bingung.

Fungsi NFC Smartphone yang Jarang Orang Tahu

NFC memiliki banyak kegunaan. Yang paling terkenal di Indonesia adalah NFC dapat digunakan untuk menyimpan data kartu elektronik untuk pembayaran . Biasa digunakan saat menggunakan fasilitas KRL, dll. Namun NFC sendiri sebenarnya memiliki lebih banyak kegunaan. Berikut adalah kegunaan lain dari fitur NFC.

1. Memudahkan terkoneksi dengan WiFi

Beberapa tempat, seperti hotel, menyediakan perangkat yang disebut “WiFi porter”. Dengan alat ini, Anda dapat langsung mengakses WiFi yang diperuntukkan untuk publik tanpa memasukkan kata sandi. Cukup tempelkan smartphone Anda ke NFC dan Anda dapat langsung terhubung ke koneksi WiFi.

2. Memindahkan data ke komputer

Saat ini, beberapa produk komputer notebook juga menyediakan fungsi NFC. Dengan fitur ini, Anda dapat langsung mentransfer foto ke laptop Anda dengan smartphone NFC tanpa menghubungkan kabel atau menyalakan Bluetooth.

3. Melakukan pembayaran

Data kartu kredit atau debit Anda juga bisa dimasukkan ke smartphone NFC. Dengan cara ini, Anda dapat membayar tanpa mengeluarkan kartu sama sekali, tetapi hanya dengan ponsel cerdas Anda.

4. Mengirim nomor telepon

Layaknya mengirim kontak lewat WhatsApp, NFC juga memungkinkan Anda mengirim nomor telepon seseorang. Tarik saja lebih dekat ke smartphone lain dengan fungsi NFC, dan Anda tidak perlu lagi mengetik nomornya.

5. Mengirimkan data ke sesama smartphone

Layaknya mengirim data ke komputer, NFC juga memudahkan Anda mengirimkan data ke sesama pengguna smartphone NFC. Biasanya, Anda dapat mentransfer data hanya dengan menempelkan sisi belakang.

6. Menyarankan aplikasi

Terkadang Anda akan ditanya “Aplikasi apa yang Anda gunakan?” Dengan menggunakan NFC, Anda tidak perlu menyebutkan namanya secara langsung, tetapi Anda dapat langsung mengarahkan teman Anda ke aplikasi tersebut. Cocok untuk pemain game untuk merekomendasikan game satu sama lain.

7. Membuka pintu

Apakah kantor Anda menggunakan sistem kartu untuk membuka pintu? Jika demikian, NFC dapat menyimpan data tersebut, jadi Anda tidak perlu membawa kartu untuk membuka pintu apa pun.

Masih belum diketahui seberapa amankah NFC ini mengingat tidak ada pengaman lebih. Misalkan smartphone Anda dicuri dan orang tersebut menemukan bahwa rumah Anda menggunakan kunci kartu, maka orang tersebut dapat memasuki tempat tinggal Anda.