Fungsi dan Pengertian Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat pada komputer sendiri juga dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu perangkat keras(Hardware) dan perangkat Lunak(Software). Disini kita akan mengupas secara detail sampai ke akar-akarnya tentang perangkat keras (Hardware). Hardware sendiri akan berfungsi dengan baik dikarenakan adanya software yang menjadi sistem penggeraknya.

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan “perangkat keras” adalah salah satu atau bagian komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses kerja komputer atau komputerisasi.

Disisini kami akan berbagi informasi tentang pengelompokan Hardware agar kalian dapat dengan lebih mudah untuk menggunakan sesuai fungsinya pada komputer. Berikut ini adalaha pengelompokan perangkat keras (Hardware) pada komputer:

1.Input Device : Perangkat input atau masukan.

2.Process Device: perangkat yang menjalankan proses sistem pada komputer.

3.Output Device: perangkat output atau keluaran yang menghubungkan sistem pada komputer.

4.Storage Device: Perangkat untuk menyimpan.

hardware

1.Input Device

Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah dalam menjalankan sistem pada komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kedalam kategori input device, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
  • Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
  • Touchpad : berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi perangkat input seperti scanner, joystik, voice record, dan lainnya.

2.Process Device

Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.

  • Motherboard : fungsinya adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
  • Processor : fungsinya adalah mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi.
  • RAM (Random Access Memory) : fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
  • VGA Card (kartu grafis) : fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
  • Power Supply (PSU) : berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.

3.Output Device

Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.

  • Monitor : fungsinya adalah menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
  • Printer : fungsinya adalah untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
  • Speaker : fungsinya adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.

4.Storage Device

Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti harddisk, flashdisk, cd dan lainnya yg berfungsi sebagai media penyimpanan data. Itulah penjelasan singkat mengenai perangkat keras (hardware) komputer , semoga bermanfaat.