Teknobos
Tech in Touch

Selamat Jalan File Audio Dalam Format MP3

source: wikimedia

Format MP3 Berakhir – Format file audio MPEG-1 Audio Layer atau yang biasa kita kenal  dengan istilah MP3, sepertinya akan segera henkang dari peredaran. Hal tersebut dikarenakan pemilik format MP3 tersebut,  telah menghentikan lisensinya untuk format file audio yang populer pada tahun 2000-an ini.

Sebuah lembaga penelitian asal Jerman bernama Fraunhofer Institute for Integrated Circuits. Lembaga yang telah mengembangkan format MP3 sejak 1980-an ini, telah mengumumkan penghentian format file audio tersebut.

Dikutip dari What Hi-Fi, lembaga itu menyampaikan “Program perizinan untuk paten serta perangkat lunak yang berhubungan dengan MP3 sudah dihentikan. Sehingga segala bentuk dukungan software untuk format audio ini, tidak akan dikembangkan lagi.

File Audio Format MP3 Telah Berakhir

Format MP3 berakhir
source: thaiexcite

Penghentian lisesnsi format MP3 ini dikarenakan, format file audio tersebut akan digantikan dengan format AAC. Karena file audio format AAC lebih efisen ketimbang MP3, dan AAC sudah banyak digunakan pada penyiaran, layanan streaming, dan radio.

Hal ini tentu saja tidak terlalu membingungkan pengguna, karena saat ini banyak pilihan bagi pengguna untuk mendengarkan musik. Bahkan dengan beberapa aplikasi android, pengguna dapat mendengarkan musik secara streaming ataupun offline.

Selain itu, sekarang juga sudah banyak berkembang format audio lainnya, yang memiliki kualitas suara lebih baik dibanding file audio format MP3. Contohnya saja, file audio dengan format M4A, WAV, dan AAC, yang memiliki kualitas suara lebih baik dari pada MP3.

Format MP3 akan digantikan oleh format AAC

Selamat Jalan File Audio Dalam Format MP3
source: bbystatic

Direktur Divisi Fraunhofer mengungkapkan, bahwa layanan media canggih saat ini seperti penyiaran TV, radio dan streaming, telah menggunakan format audio modern seperti AAC. Dia juga menambahkan, AAC telah menjadi standar de facto untuk format audio unduhan pada smartphone. Selain itu, layanan musik iTunes milik Apple juga sudah menggunakan format AAC, sementara Spotify menggunakan format OGG Vorbis.

Di Amerika Serikat dan Eropa sendiri, format MP3 masih bisa digunakan. Karena disana terbebas dari lisensi paten format audio tersebut. Pada dasarnya MP3 banyak digunakan sebagai format file audio, dikarenakan ukurannya yang relatif kecil. Sehingga sangat cocok untuk format audio pada ponsel, yang memiliki storage terbatas.

87%
Awesome
  • Informasi
  • Topik
  • Menarik