Flashing Android MTK Menggunakan SP Flash Tool

121

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

SP Flash Tool merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk melakukan flashing smartphone android chipset Mediatek (MTK).

Software ini biasanya digunakan untuk downgrade maupun upgrade smartphone secara mudah. Pada postingan ini saya akan membagikan tips singkat mengenai flashing android menggunakan SP Flash Tool.

Sebelum anda mencoba sendiri, sebaiknya pastikan smartphone anda memiliki kapasitas baterai sekitar 40-50% untuk menghindari kegagalan yang disebabkan smartphone kehabisan baterai saat proses flashing.

Aplikasi SP Flashtool berfungsi untuk mengembalikan smartphone anda yang mengalami kerusakan, seperti Bootloop, hang ataupun kerusakan software lainnya. Selain itu juga terdapat fitur hard reset yang memungkinkan perangkat Mediatek anda melakukan hard reset atau pemformatan data melalui media komputer.

Cara Flashing Smartphone Android Menggunakan SP Flash Tool

Flash tool android MTK - Tips

1. Langkah pertama download aplikasi SP Flash Tool terbaru dan Install android USB driver perangkat anda pada komputer.

2. Setelah itu, matikan smartphone anda dan cabut baterai (jika baterai removable)

3. Download Stock Firmware yang ingin anda gunakan saat flashing lalu ekstrak file tersebut. Silahkan cari di google karena harus menyesuaikan dengan tipe smartphone milik anda.

4. Setelah di ekstrak, buka file flash_tool.exe hingga aplikasi terbuka.

5. Saat aplikasi terbuka, lanjutkan dengan melakukan klik pada tab Download.

6. Pada tampilan tab Download, terdapat form Scatter-loading File, klik Choose pada sisi kanan.

7. Masukkan file Scater yang terdapat pada folder ekstrak Firmware yang telah anda download.

8. Setelah file scater berhasil di input, mulai jalankan flashing dengan klik tombol Download.

9. Sekarang saatnya anda hubungkan smartphone ke komputer menggunakan USB. Segera tekan Volume Atas atau Volume Bawah di smartphone anda untuk mempermudah komputer anda membaca smartphone yang masuk.

10. Tunggu hingga proses flashing selesai. Biasanya ditandai dengan muncul pop up centang lingkaran hijau menandakan proses flashing berhasil.

11. Tutup aplikasi flashtool dan lepas USB driver.

12. Langkah terakhir, coba hidupkan smartphone anda.

Jika smartphone anda berjalan baik, artinya anda telah berhasil melakukan flashing android dengan menggunakan SP Flash Tool. Dalam menjalankan flashing ini tentu memiliki resiko baik kerusakan maupun garansi hangus. Sebaiknya anda back up semua data terlebih dahulu dikhawatirkan nanti gagal.

Baca juga artikel tips android lainnya.