4 Penyebab Flashdisk Tidak terbaca Paling Sering

578

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Bagi kamu pengguna flashdisk, pasti kamu pernah mengalami suatu kasus di mana flashdisk tidak terbaca oleh komputer. Biasanya, orang-orang yang mengalami ini akan langsung mencabutnya dan memasangnya lagi. Ini dilakukan untuk mengetahui jika ada kesalahan dalam posisi memasukkan flashdisk ke colokan USB baik pada laptop maupun komputer.

Namun terkadang usaha itu sia-sia karena flashdisk tetap tidak terbaca pada sistem komputer. Nah, pasti kamu bertanya-tanya mengenai apa yang menjadi penyebab flashdisk kamu tidak bisa dideteksi oleh komputer. Dalam hal ini, ada banyak kemungkinan yang mendasari kasus tidak terbacanya flashdisk. Sebelum melakukan perbaikan, kamu bisa mencoba mengetahui terlebih dahulu beberapa faktor yang menjadi penyebab kasus ini terjadi.

flashdisk tidak terbaca - Tips

4 penyebab flashdisk tidak terbaca

Setidaknya ada 4 penyebab paling umum yang membuat flashdisk sama sekali tidak bisa diakses karena tidak terdeteksi.

1: Flashdisk rusak

Hal yang paling umum terjadi adalah flashdisk kamu rusak. Rusaknya flashdisk biasanya terjadi karena lempengan emas yang tergores. Ini tentu saja sangat berpengaruh karena lempengan emas tersebut sangat penting untuk proses transmisi data.

2: Flashdisk kotor

Flashdisk tidak terbaca juga bisa disebabkan oleh kotornya flashdisk. Hal ini bukan sesuatu yang langka karena flashdisk sangat rentan terhadap debu. Jika jarang dipakai, tumpukan kotoran dan debu bisa bersarang pada lempengan emas yang membuat sistem komputer terganggu untuk membacanya.

3: Adanya virus

Terkadang, flashdisk tidak terbaca karena virus bisa saja terjadi. Meskipun tidak spesifik jenis virusnya, namun beberapa jenis virus mampu merusak data seluruh flashdisk dan mempengaruhi sistem.

Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa melakukan scanning dan recovery data jika memungkinkan.

4: USB yang bermasalah

Selain dari faktor flashdisk, faktor dari USB port yang terdapat pada laptop maupun CPU komputer juga mempengaruhi tidak terdeteksinya flashdisk. Kamu bisa mencoba mencolokkan flashdisk ke port USB lain untuk memastikannya.

Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa memutuskan untuk mencari langkah selanjutnya guna mengatasi masalah tersebut. Ingat bahwa ada banyak cara untuk menangani flashdisk tidak terbaca sesuai penyebabnya.

Baca juga artikel terkait tips hardware & tips komputer lainnya.