Fitur Telegram Unik yang Gak Ada di WhatsApp

65

TeknobosFitur Telegram Unik yang Gak Ada di WhatsApp – Setidaknya selama sepuluh tahun terakhir, WhatsApp merupakan aplikasi chat yang mendominasi pasar dunia. Namun belakangan, namanya menarik banyak perhatian, bukan karena kabar baik atau inovasi baru, melainkan karena kontroversi kebijakan baru.

Fitur Telegram Unik yang Gak Ada di WhatsApp

WhatsApp menjadi topik pembicaraan karena akan menerapkan kebijakan privasi yang mewajibkan pengguna untuk berbagi data dengan Facebook mulai Februari 2021. Hal ini ditentang banyak pihak karena dianggap berbahaya atau merupakan penyalahgunaan privasi pengguna.

Inilah sebabnya mengapa semakin banyak orang meninggalkan WhatsApp. Aplikasi alternatif adalah Telegram. Ternyata aplikasi chat ini memiliki banyak fitur yang tidak bisa kamu temukan di WhatsApp. Inilah yang membuatnya unggul dan patut dicoba. Apa fitur yang dimaksud? Simak berikut ini!

1. Ruang penyimpanan yang tak terbatas

Saat ini, terdapat peningkatan kebutuhan akan penyimpanan berbasis cloud atau penyimpanan cloud. Karena file yang disimpan di sini seringkali lebih aman, kecil kemungkinannya hilang, tidak akan memenuhi perangkat dan lebih mudah diakses.

Salah satu jenis penyimpanan cloud yang dapat Anda gunakan adalah Telegram. Aplikasi ini memberikan ruang penyimpanan yang tidak terbatas, artinya Anda dapat menyimpan pesan, gambar, dan berbagai file lain di dalamnya secara gratis. Ini adalah keuntungan Telegram, Anda tidak dapat menemukannya di aplikasi obrolan lain.

2. Bisa mengirim media tanpa harus takut kualitasnya menurun

Saat Anda mengirim foto dan video melalui WhatsApp, kualitasnya biasanya menurun. Ini karena aplikasi mengompres atau memperkecil ukuran file agar lebih mudah dikirim. Hal ini menjadi perhatian pengguna, karena foto dan video seringkali menjadi buram.

Anda tidak akan menemukan masalah ini di Telegram. Aplikasi obrolan memberi pengguna opsi setiap kali mereka mengirim media. Apakah akan mengompres atau mengirim file ukuran asli. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang foto dan video yang buram.

3. Bisa menambahkan teman menggunakan username

Jika Anda ingin menggunakan WhatsApp untuk menghubungi teman, Anda harus menyimpan nomor teleponnya terlebih dahulu. Tetapi di Telegram, Anda dapat menambahkan kontak orang lain menggunakan nama penggunanya (username).

Menurut pengembang aplikasi, fitur ini dapat mengurangi penyalahgunaan nomor telepon. Dengan cara ini, privasi pengguna bisa lebih terlindungi.

4. Kamu bisa edit pesan

Setiap orang pasti salah ketik atau typo. Melihat masalah ini, Telegram menambahkan fungsi pengeditan pesan. Pengguna dapat menggunakan tombol “Edit” untuk mengatasi kesalahan ejaan.

Penerima pesan akan mendapatkan informasi tentang pesan Anda yang diubah. Tetapi mereka tidak akan tahu pesan asli yang Anda kirim.

5. Pesan rahasia

Telegram juga memiliki fungsi yang disebut “obrolan rahasia” atau pesan rahasia. Fitur ini tidak ada di WhatsApp dan aplikasi obrolan lainnya. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim pesan rahasia.

Obrolan rahasia menggunakan enkripsi “end to end”. Ini berarti tidak ada orang lain yang mengetahui pesan Anda kecuali yang ada di ruang obrolan. Telegram bahkan tidak bisa memahaminya.

Tidak hanya itu, obrolan rahasia juga memiliki properti penghancur sendiri, atau dapat dihapus dalam jangka waktu yang Anda tentukan. Pengirim dan penerima pesan tidak dapat diforward atau diteruskan ke orang lain.

Baca juga : Fakta AirPods Max dan Fiturnya yang Unik