Facebook Hadirkan Fitur Berbagi Lokasi Pada Messenger

Facebook kembali menghadirkan fitur baru pada aplikasi messenger miliknya, fitur ini digunakan untuk membagikan lokasi pada teman kita. Fitur berbagi lokasi pada messenger ini, serupa dengan fitur milik Google dan Apple yang sudah hadir lebih dulu.

Fitur ini dapat digunakan untuk membagi lokasi secara real time kepada teman kita, yang juga menggunakan aplikasi Facebook Messenger. Sehingga bisa lebih muda bagi kita untuk melakukan pertemuan dengan teman-teman kita.

Fitur ini dihadirkan atas dorongan dari sebuah frasa kata yaitu, “sedang dimana?” Dari kata-kata itulah mereka berkeinginan memberikan kemudahan pada pengguna, untuk melakukan pertemuan dengan temannya.

Fitur Berbagi Lokasi Pada Messenger Facebook

Berbagi lokasi menggunakan aplikasi Messenger milik Facebook, adalah sebuah pilihan bagi kita yang ingin mengetahui lokasi teman kita berada. Jadi ketika seorang pengguna membagikan lokasi dimana dia berada kepada temannya. Maka temannya itu akan dapat melihat pergerakan pengguna itu selama 60 menit.

Sebenarnya Messenger sendiri pernah menjadi bagian inti pada aplikasi Facebook. Namun pada tahun 2014 mereka memisahkan antara aplikasi Facebook dan Messenger. Hal itu mereka lakukan, untuk memberikan penggunanya fasilitas chatting yang bisa digunakan tanpa harus membuka aplikasi Facebook.

fitur-berbagi-lokasi-pada-messenger

Tapi sayangnya untuk membuka pesan pada aplikasi Facebook, pengguna diwajibkan menginstal Messenger terlebih dahulu. Hal ini banyak dianggap terlalu merepotkan pengguna, karena aplikasi messenger memiliki ukuran yang cukup besar. Terlebih lagi untuk smartphone yang memiliki RAM 1GB, aplikasi Messenger dianggap terlalu berat untuk dijalankan.

Facebook sendiri sudah menguji fitur berbagi lokasi pada Messenger ini pada Oktober tahun 2016 kemarin. Tapi mereka kembali menyempurnakan fitur tersebut, dan baru selesai lima bulan kemudian. Penyempurnaan itu mereka lakukan untuk meminimalisir, penggunaan baterai yang terlalu besar.

Sementara itu Google sudah menambahkan fitur berbagi lokasi secara real time, pada aplikasi Maps miliknya. Hadirnya fitur tersebut menambah ketertarikan minat para penggunanya, terbukti dengan banyaknya pengguna yang berminat mencoba versi beta Google Maps itu.

Stan Chudnovsky selaku kepala produk Messenger mengatakan, “pembaruan tersebut nantinya akan tersedia secara global”. Namun untuk saat ini fitur berbagi lokasi milik Messenger ini, masih belum terlalu optimal, dan sepertinya masih akan dilakukan penyempurnaan.