Firefox Focus Hadir Di Android Untuk Browsing Bebas Iklan

Firefox telah merilis versi android dari browser bersifat private, yang mereka sebut dengan Firefox Focus pada 20 Juni kemarin. Kemunculan aplikasi browser andorid ini, menjawab keinginan konsumen terkait privasi internet yang lebih baik.

Selain itu aplikasi browser android ini juga memberikan kenyamanan, bagi konsumen yang sering terganggu dengan adanya iklan saat browsing. Karena Firefox Focus memiliki fitur ad blocker, dimana fitur tersebut akan memblokir semua iklan yang membuat konsumen terganggu.

Pergerakan maupun inovasi yang lebih besar sudah cukup banyak berkembang, selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini didorong juga oleh beberapa faktor seperti WikiLeaks, tindakan memata-matai oleh NSA, pencurian identitas, dan masih banyak lagi kejahatan yang lainnya.

Firefox Focus Hadir di Platform Android

Firefox Focus Hadir Di Android Untuk Browsing Bebas Iklan
source: theverge

“Kami melihat para konsumen berperan aktif dalam berusaha melindungi data pribadi milik mereka, serta menyimpan kuota internet berharga pada paket data mereka”. Begitulah yang ditulis oleh Barbara Bermes selaku product manager di Firefox Mobile dalam sebuah postingan blog.

Firefox Focus akan memblokir iklan secara default, sehingga pengguna tidak perlu melakukan pengaturan tertentu terlebih dahulu. Dengan begitu aplikasi browser android ini akan lebih memudahkan pengguna, dan memungkinkan pengalaman berselancar yang mulus.

Firefox Focus dapat berjalan dengan sangat lancar, serta intuitif saat digunakan. Sementara itu, dari segi desain user interface atau UI-nya, sengaja dibuat ombre berwarna merah muda dan dipadukan dengan ungu yang estetis. Aplikasi browser internet ini secara default menjadikan Yahoo sebagai mesin pencari. Tapi pengguna bisa merubahnya menjadi Google, ataupun mesin pencarian lain yang diinginkan oleh pengguna.

Firefox Focus dapat berjalan dengan mulus

2 Firefox Focus Hadir Di Android Untuk Browsing Bebas Iklan
source: theverge

Firefox mengkalim bahwa dengan memblokir iklan dan pelacak iklan, browser android ini dapat membantu pengguna menjelajah lebih cepat. Selain itu, perusahaan mengatakan dengan adanya fitur blokir iklan pada browser tersebut, bisa lebih menghemat kuota internet pengguna.

Pada Firefox Focus versi android, diberikan fitur tambahan yang belum dimiliki oleh versi IOS, yang telah dirilis beberapa waktu sebelumnya. Adapun beberapa fitur tambahan yang terdapat pada versi android-nya antara lain:

  • Adanya sebuah penghitung jumlah iklan yang telah diblokir sejauh ini.
  • Hadirnya pilihan untuk menonaktifkan pemblokir tracker.
  • Terdapat juga sebuah pemberitahuan peringatan bahwa Firefox masih berjalan.

Perilisan aplikasi berbasis mobile ini baru akan diresmikan, setelah beberapa hari Firefox memperbarui aplikasi browser tersebutk ke versi 54. Yang di dalamnya juga mencakup fitur Speed Boost, serta kekuatan pemerosesan lainnya yang lebih banyak.