5 Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

Semakin maju teknologi membuat vendor ponsel android mengembangkan bannyak fitur baru, untuk disematkan kedalam produk ponsel mereka. Hal ini juga memicu hadirnya fitur fingerprint pada hp android keluaran terbaru. Namun agar fingerprint smartphone milik kamu tetap bisa bekerja secara optimal, ada beberapa hal yang harus kamu hindari. Demi menjaga fitur ini tetap berjalan dengan baik, kamu juga harus memperhatikan cara pemakaiannya yang benar.

Fitur terbaru pada smartphone ini akan membaca setiap lekukan dari sidik jari penggunanya. Sehingga teknologi tersebut bisa menjadi salah satu fitur pengamanan yang cukup kuat. Karena fungsinya diperuntukan sebagai pembaca sidik jari, tentu saja sensornya memiliki sensitifitas tinggi. Apabila penggunaannya tidak benar tentu akan membuat fitur ini cepat rusak.

Hindari 5 Hal Ini Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

1.Mendaftarkan jari terlalu banyak

jangan-pindai-banyak-jari

Keunggulan dari sensor fingerprint pada sebuah smartphone adalah, bisa mendaftarkan lebih dari satu jari untuk mengakses sensor tersebut. Tapi demi menjaga agar fingerprint smartphone milik kamu tetap awet. Jangan mendaftarkan jari terlalu banyak, cukup dengan mendaftarkan dua jari saja.

Karena setiap sidik jari yang didaftarkan akan disimpan ke dalam memori ponsel. Jadi bila kamu mendaftarkan lima jari tapi yang aktif digunakan hanya dua jari, tentu saja akan membuat sensor tersebut menampung data yang tidak berguna.

2.Memakai jari yang basah

jangan-menggunakan-jari-basah

Saat mengakses sensor ini harus kamu pastikan dahulu, kalau jari yang akan kamu gunakan tidak basah. Karena kita tahu kalau perangkat elektronik tidak toleran terhadap air. Jadi meskipun smartphone kamu memiliki fitur tahan air, tapi jangan pernah menggunakan sensor ini dalam keadaan basah.

Bila habis mencuci tangan, sebelum mengkases fitur fingerprint. Harus dipastikan terlebih dahulu jarimu sudah benar-benar kering, karena saat jari basah bisa membuat kinerja sensor jadi tidak optimal.

3.Memindai bagian tubuh lainnya selain jari

jangan-pindai-selain-jari

Sensor pada fingerprint memang memungkinkan pengguna memindai bagian tubuh lainnya selain jari, selama bagian tubuh tersebut dilapisi kulit. Tapi sesuai dengan namanya gunakanlah jari untuk memindainnya, karena bila dialih fungsikan bisa menyebabkan kerusakan pada sensor.

4.Menggunakan fingerprint dibawah guyuran hujan

jangan-pakai-fingerprint-saat-hujan

Seperti yang telah dijelaskan pada poin kedua, bahwa perangkat elektronik tidak toleran terhadap air. Jadi walaupun smartphone kamu memiliki fitur tahan air, tapi jangan pernah menggunakan fingerprint di bawah guyuran hujan. Sebab air hujan bisa saja masuk melalui celah yang berada di sekeliling fingerprint, dan menyebabkan kerusakan pada sensor tersebut.

5.Menggores fingerprint scanner

jangan-menggores-fingerprint

Jangan pernah sekalipun dengan sengaja menggores scanner pada finggerprint, karena goresan sedikit saja bisa menyebabkan kegagalan fungsi pada sensornya. Pastinya hal itu akan membuat fitur ini rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Itulah 5 hal yang harus dihindari agar fingerprint smartphone kamu tetap awet, sehingga kinerja ponsel android juga akan selalu optimal. Sehebat apapun perangkat elektronik ataupun smartphone yang kamu miliki, tentunya tetap harus diperlakukan secara baik agar tetap berfungsi dengan baik.