Fakta Penting IMEI di HP yang Perlu Kamu Pahami

44

TeknobosFakta Penting IMEI di HP yang Perlu Kamu Pahami – Banyak pertanyaan tentang kebijakan IMEI. Banyak yang mempertanyakan bagaimana semua smartphone BM di Indonesia karena aturan IMEI? Ada yang bertanya bagaimana cara mengidentifikasi produk BM tanpa memeriksa IMEI? Beberapa orang juga mempertanyakan apakah smartphone yang dibeli di luar negeri akan tersandung kebijakan ini?

Fakta Penting IMEI di HP yang Perlu Kamu Pahami

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita memahami masalah IMEI terlebih dahulu. Berikut beberapa fakta yang perlu Anda ketahui!

1. IMEI adalah KTP sebuah smartphone

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu nomor unik yang dapat mengidentifikasi identitas ponsel Anda (disebut juga KTP untuk ponsel cerdas). Selain itu IMEI digunakan untuk memeriksa validitas gadget untuk mencegah smartphone dicuri. Umumnya, perangkat tanpa slot kartu SIM tidak memiliki IMEI.

2. IMEI dimiliki oleh semua smartphone

Untuk melihat nomor IMEI Anda, Anda dapat menekan *#06# untuk melihatnya. Anda juga dapat mengakses nomor ini melalui pengaturan, lalu memasukkan opsi untuk ponsel cerdas atau telepon Anda.

3. Pemerintah memberlakukan kebijakan ini untuk memangkas barang BM

Smartphone ilegal banyak beredar di Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, pemeriksaan dan registrasi IMEI akan diberlakukan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Alasan lain di balik kebijakan IMEI adalah pemerintah berharap dapat melindungi data pribadi konsumen sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk dalam negeri. Perencanaan kebijakan ini dimulai pada 17 Agustus 2019.

4. Barang BM beredar di mana-mana, baik online ataupun offline

Produk BM sangat populer beredar dan harga belinya sangat murah. Survei tersebut menemukan bahwa harga smartphone baru BM Samsung S10 mungkin lebih rendah 50% dari seri resminya. Barang yang dibeli melalui resmi seharusnya berharga 12 juta rupiah, tapi smartphone BM harganya 6,5 ​​juta rupiah. Kalau masyarakat suka dengan produk BM tidak ada salahnya, karena harganya jauh lebih murah, tapi kualitasnya sama.

5. Maraknya barang BM yang beredar mempengaruhi berjalannya perindustrian

Untuk memahami dampaknya terhadap industri, Anda harus terlebih dahulu memahami teori penawaran dan permintaan. Karena permintaan konsumen, industri lapangan dapat berjalan. Permintaan konsumen akan produk terus meningkat, memungkinkan perusahaan atau pabrik meningkatkan produksi untuk menyeimbangkan permintaan.

Baca juga : Game dengan Ending Terbanyak, Bikin Ketagihan Main