Teknobos
Tech in Touch

Benarkah Enkripsi Adalah Fitur Terbaik Android Untuk Menyimpan Data?

Enkripsi adalah - Tips
Enkripsi adalah ?

Saat ini handphone bisa dikatakan kebutuhan yang tidak bisa dijauhkan dari jangkauan tangan. Tidak heran karena kini handphone, apalagi yang telah berbasis android benar-benar telah memanjakan penggunanya. Pemilik handphone android bisa menyimpan apa saja di ponselnya dari mulai chatting, foto-foto, ataupun berkas-berkas penting. Tapi kamu pernah khawatir tidak kalau-kalau saat lalai, tiba-tiba ada yang mengakses data di handphone kamu? Untuk menjawab kebutuhan hal tersebutl maka enkripsi hadir. Enkripsi adalah salah satu fitur atau layanan yang terdapat dalam handphone berbasis android yang memiliki fungsi untuk menyimpan data yang hanya bisa dibaca jika kunci ponsel dibuka.

Kunci ponsel ini berbeda dari kunci ponsel yang biasa kamu gunakan untuk mengunci handphone di layar utama. Memang mirip karena sama-sama mengunci dan melindungi handphone. Cara membukanya pun dibutuhkan kode khusus seperti PIN, sandi atau pola. Namun yang maksud dari kunci ponsel di sini adalah sebuah kunci yang akan memberikan perlindungan ekstra pada seluruh data di android kamu yang telah dienkripsikan. Untuk dapat mengakses atau membukanya pun dibutuhkan kunci PIN, sandi atau pola. Jadi benar jika enkripsi adalah layanan terbaik dari android untuk menyimpan dan melindungi data.

Mengetahui betapa pentingnya manfaat enkripsi untuk melindungi data di handphone, lalu sudahkah kamu mengaktifkan enkripsi di ponselmu? Kalau belum, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkannya;

Cara Mengaktifkan Enkripsi File Pada Ponsel Android

  1. Buka menu Setting

  2. Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan Security, kemudian ketuk untuk membukanya

  3. Atur kunci Sandi sebagai kunci layar perangkat

  4. Untuk Tekan tombol Enkripsi pada bagian bawah

  5. Pilih opsi sesuai dengan keinginan

Cara mengaktifkan enkripsi sangat mudah, tapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa proses ini membutuhkan waktu yang lama. Jadi sebelum melakukannya kamu perlu mengisi penuh ponsel kamu atau untuk berjaga-jaga sebaiknya sambungkan ponsel kamu ke charger.

Enkripsi adalah fitur ponsel android yang sangat bermanfaat untuk menyimpan data ponsel yang sangat aman ke dalam bentuk yang tidak terbaca, seperti teracak. Diperlukan kunci, seperti PIN, password atau pattern untuk membuka aplikasi ini. Jadi demi keamanan dan kenyamanan, sebaiknya kamu mencatat dan menyimpan kunci untuk enkripsi.

Baca juga tips smartphone lainnya.