Email: Perbedaan POP3 Dan IMAP Yang Harus Kamu Ketahui

Selama ini kita sering sekali mendengar istilah POP3 dan IMAP dalam dunia internet, khususnya untuk penggunaan email atau surat elektronik. Keduanya merupakan protokol email yang dapat digunakan untuk menghubungkan server email dengan email client. Bisa dikatakan keduanya adalah metode berbeda yang memungkinkan kita untuk mengunduh pesan email ke dalam perangkat kita.

Dalam menggunakan pesan elektronik atau email, kita biasanya menggunakan kedua protokol ini. Meskipun POP3 dan juga IMAP adalah protokol email, tapi pemakaian dan fungsinya tidak sama. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pengertian dan perbedaan antara POP3 dengan IMAP.

Pengertian POP3 dan IMAP

perbedaan-pop3-dan-imap

POP3 adalah protokol email yang bisa kita gunakan untuk mengambil email dari server. Protokol ini ditujukan sebagai media yang menampung email untuk sementara, hingga pengguna mengunduh email tersebut ke dalam perangkatnya. Tapi email yang sudah diunduh hanya bisa dibuka pada perangkat yang digunakan untuk mengunduh email tadi. Nantinya email yang telah diunduh akan dihapus dari server, dan kita tidak bisa membukanya lagi dari server.

Sementara IMAP adalah protokol email yang juga digunakan untuk mengambil pesan dari server, tapi email yang diunduh masih akan tersimpan pada server. Sehingga kita bisa membukanya dari perangkat lain. Protokol ini juga memungkinkan kita untuk membuat folder, mencari pesan tertentu, ataupun menghapus email yang terdapat di server.

Perbedaan Protokol POP3 dan IMAP

Meskipun kedua protokol email tersebut terlihat sama, tapi sebenarnya mereka memilik perbedaan yang cukup signifikan. Terlebih lagi untuk cara kerja dan fungsinya.

pengertian pop3

POP3

  1. Email harus kita unduh terlebih dahulu kalau ingin dibuka, jadi agak merepotkan. Bila kita menggunakan perangkat yang berbeda, kita harus mengunduh kembali email tersebut.
  2. Email yang sudah diunduh akan terhapus dari server, tapi ini tergantung pengaturan email client-nya. Jika sudah terhapus, maka kita tidak bisa lagi membuka semua email yang pernah masuk.
  3. Semua email dan juga lampiran akan diunduh secara keseluruhan, ketika kita memeriksa pesan di email client.
  4. Email keluar hanya akan disimpan secara lokal pada perangkat yang digunakan untuk mengirim pesan.
  5. Kita hanya bisa mengatur email pada komputer lokal saja. Bila kita menghapus email pada komputer lokal, pesan yang ada di server juga harus kita hapus secara manual.
  6. Membutuhkan waktu agak lama untuk memuat ulang pesan dari server ke komputer kita.

pengertian imap

IMAP

  1. Bila kita mengunduh email dengan protokol ini, maka pesan pada server akan tetap tersimpan. Dan jika kita menghapus email dari satu perangkat, maka pada perangkat lainnya juga akan terhapus.
  2. Protokol ini memudahkan kita untuk mengidentifikasi email yang belum dibaca.
  3. Pesan yang diunduh hanya pesan yang kita ingin buka saat itu, jadi akan lebih cepat dan menghemat waktu.
  4. Email keluar akan disimpan pada server, sehingga kita bisa mengaksesnya menggunakan perangkat lain.
  5. Kita bisa mengatur email secara realtime, jadi bila kita menghapus sebuah email dari satu perangkat, maka email tersebut juga akan dihapus dari server. Jika menggunakan komputer lain, nantinya kita tidak akan menemukan email itu lagi.
  6. Waktu yang dibutuhkan untuk memuat ulang email lebih cepat dari POP3, dan sinkronisasi email dengan komputer kita akan dilakukan otomatis.

Itulah perbedaan antara protokol email POP3 dan IMAP yang harus kita ketahui bersama. Untuk lebih memudahkan dalam pemakaiannya, lebih baik kita menggunakan IMAP sebagai email protokol kita. Karena protokol IMAP lebih mudah mengoperasikannya dibanding POP3.