Duel Smartphone Tebaik, Realme U1 vs Asus ZanFone Max Pro 2

1,446

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Teknobos – Realme baru saja merilis produk terbarunya ke pasar Indonesia. Adalah Realme U1 yang menjadi andalan Realme untuk menutup akhir tahun. Realme U1 adalah smartphone dengan kemampuan kamera depan jempolan.

Sebab, Realme U1 memiliki kamera depan dengan resolusi 25 MP yang dapat menghasilkan foto selfie terbaik. Selain Realme, Asus juga tak mau kalah dengan menghadirkan Asus Zenfone Max Pro M2 ke publik.

Ponsel tersebut dihadirkan untuk meneruskan Asus Zenfone Max Pro M1 yang sudah hadir terlebih dahulu. Asus Zenfone Max Pro M2 membawa banyak peningkatan fitur dibandingkan generasi pertamanya.

Jika dibandingkan, Realme U1 dan . Asus Zenfone Max Pro M2 sama-sama membawa spesifikasi serupa sekaligus terbaik di kelasnya. Untuk lebih mengetahuinya, mari simak perbandingan spesifikasi antara Realme U1 dan Asus ZenFone Max Pro M2.

Realme U1 vs Asus ZenFone Max Pro M2, Duel Smartphone Kelas Menengah Terbaik

Desain

Seakan sudah menjadi tradisi, Realme tetap menggunakan bahasa desain yang cantik di Realme U1. Dinamakan Light Pillar Design, Realme U1 memiliki desain belakang yang unik, memberikan kepuasan saat digenggam dan juga dari segi visual.

Alhasil, Realme U1 memberikan akan memberikan kebanggaan bagi setiap penggunanya. Asus Zenfone Max Pro M2 menggunakan bahasa desain yang bisa dibilang sederhana.

Smartphone tersebut menggunakan bodi plastik yang mendapatkan sentuhan glossy. Jika dilihat sekilas, desain Asus Zenfoe Max Pro M2 terlihat mainstream.

Display

Semakin ramping sebuah layar, maka semakin nyaman pula pengguna melihat konten. Hal itu yang coba diterapkan Realme di Realme U1. Pasalnya, Realme U1 menggunakan dewdrop full screen berukuran 6,3 inci dengan rasio screen-to-body mencapai 90,8 persen.

Untuk ukuran layar, ponsel ini menggunakan layar 6,3 inci dengan aspek rasio 19:9 dan resolusi 2.280×1.080.

Realme U1 membawa layar 19.5:9 dengan resolusi FHD+ 2.340×1.080 pixel (409 pixel per inch), contrast ratio 1500:1 dan tingkat kecerahan layar 450nit. Di sisi lain, layar Asus Zenfone Max Pro M2 masih menggunakan notch yang berpotensi mengganggu padangan pengguna.

Kamera Depan

Kamera adalah salah satu fitur unggulan yang terdapat di Realme U1. Kamera depan Realme U1 memiliki resolusi 25 MP dengan bantuan sensor Sony IMX576. Kamera depannya dapat mengambil foto selfie dengan kontrol noise dan color recovery yang lebih baik.

Di bagian belakang, Realme U1 menggunakan konfigurasi ganda, yakni 13 MP + 2 MP. Kamera sekunder bekerja untuk mengukur jarak spasial pada objek dalam mode portrait.

Untuk Asus Zenfone Max Pro M2, kamera depannya masih menggunakan resolusi 13 MP yang cukup pasaran. Sementara kamera belakangnya menggunakan konfigurasi ganda, yang terdiri dari 12 MP + 5 MP.

Prosesor

Dengan AI Engine yang disempurnakan dan berjalan di CPU dan GPU, Helio P70 memberikan kinerja yang jauh lebih cepat untuk aplikasi AI dan efisiensi daya yang tinggi, tidak hanya untuk gaming, namun juga untuk pemrosesan gambar.

Bicara soal otak sebuah smartphone, Realme U1 adalah smartphone pertama yang menggunakan MediaTek Helio P70.

Sementara itu Asus Zenfone Max Pro M2 diotaki oleh Snapdragon 660 yang praktis sudah banyak dipakai oleh banyak smartphone kelas menengah. Untuk diketahui, Snapdragon 660 menggunakan teknologi fabrikasi 14 NM, sedangkan Helio P70 lebih unggul karena sudah diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 12 nm.

Harga

Dengan berbagai keunggulan seperti dukungan MediaTek Helio P70, desain light pillar, kamera SelfiePro 25 MP, dan layar dewdrop, Realme U1 dapat ditebus dengan harga :

  • Rp 2.499.000 untuk konfigurasi memori 3GB+32GB.
  • Rp 2.899.000 untuk konfigurasi memori 4GB+64GB.

Sementara itu, Asus Zenfone Max Pro M2 bisa didapatkan dengan harga yang sedikit mahal, yakni:

  • Rp 2.899.000 untuk konfigurasi memori 3GB+32GB.
  • Rp 3.199.000 untuk konfigurasi memori 4GB+64GB.
  • Rp3.699.000 untuk konfigurasi memori 6GB+64GB.