5 Drone Terunik Di Dunia

Drone Terunik 2017 – Akhir-akhir ini penggunaan drone semakin populer dan meluas, banyak orang yang mulai menggunakan drone untuk berbagai keperluan. Pada awalnya drone merupakan fasilitas yang hanya digunakan oleh pihak militer maupun pemerintah.

Secara umum drone merupakan suatu kendaraan udara yang berbentuk seperti pesawat terbang atau helikopter yang dioperasikan tanpa menggunakan awak atau pilot. Berbeda dengan pesawat terbang yang pilotnya berada di dalam kabin, pilot drone tetap berada di daratan dan hanya mengendalikan drone lewat fasilitas remote control.

Spesifikasi drone juga cukup bervariasi beberapa jenis drone dioperasikan dengan menggunakan tenaga surya sebagai sumber tenaganya. Sementara itu beberapa jenis drone lainnya, terutama drone komersial yang dioperasikan dengan menggunakan baterai.

Pesawat tanpa awak atau Drone adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya.

Tak heran jika kini telah muncul beberapa drone yang memiliki keunikan. Berkut ini kami akan mengulas mengenai lima drone terunik 2017.

Berikut Adalah 5 Drone Terunik 2017

Fungsi asli drone itu sendiri sebetulnya digunakan untuk memonitor daerah-daerah yang dianggap berbahaya bagi militer atau pemerintahan. Beberapa badan pemerintah menggunakan drone untuk pemetaan lewat udara dan memonitor arah angin.

Beberapa tahun belakangan, penggunaan drone untuk mengambil gambar dari ketinggian semakin populer dengan menjamurnya trend selfie. Beberapa drone komersial yang bisa dibeli di pasaran sudah memungkinkan kamu untuk menggunakan drone tersebut untuk mengambil foto dari ketinggian.

Berikut lima drone terunik yang dapat kami rangkum buat kamu:

Parrot Hydrofoil

drone-terunik-1

Parrot memang telah beberapa kali meluncurkan drone dengan teknologi canggih. Drone Parrot Hydrofoil ini sangat bermanfaat bukan hanya untuk melihat kawasan yang tidak mampu kita jangkau, juga untuk sektor pelayaran yang sangat membutuhkan survey lokasi jalan yang akan dilewati.

Keunikan yang dimiliki drone Parrot kemampuannya yang tak hanya mampu terbang di udara, melainkan dapat berlayar di perairan. Hal itu tak lepas dari tambahan alat berupa perahu layar yang bisa dipasang di bagian atasnya. Drone tersebut akan berfungsi sebagai tenaga pendorong kapal sehingga bisa meluncur di perairan.

Snap Drone

drone-terunik-2

Snap Drone merupakan drone khusus dengan kamera berkualitas tinggi untuk membidik setiap momen yang sulit untuk diabadikan secara langsung. Berfungsi sebagai alat dokumentasi dengan desain quadcopter. Kamera di Snap Drone mampu merekam video hingga resolusi 4K. Selain itu ia juga dilengkapi dengan fitur image stabilizer guna menghindari guncangan.

Fotokite

drone-terunik-3

Drone Fotokite merupakan drone pertama di dunia yang punya tali (leash) dan tidak perlu remote control untuk dapat menggunakannya. Terinspirasi dari mainan anak yakni layang-layang, berbeda dengan drone lainnya yang bisa terbang bebas, Fotokite justru memiliki tali yang mengikatnya. Model ini dikatakan mampu membuat drone tersebut lebih aman.

Parrot Dance

drone-terunik-4

Parrot memperkenalkan sebuah drone baru yang dinamai Parrot Dance pada tahun 2016, tepatnya di ajang Customer Electronic Show. Keunikan yang dimiliki oleh drone ini terletak pada desainnya yang mengusung fixed-wing.

Parrot Dance bisa digunakan untuk keperluan dokumentasi maupun penjelajahan melalui udara. Sayangnya, karena tak mengusung quadcopter, pendaratan drone ini masih belum dikatakan mulus. Ia akan perlahan terbang rendah sebelum akhirnya menukik dan langsung menyentuh tanah.

Loon Copter

drone-terunik-5

Drone Loon Copter yang dikembangkan oleh Universitas Oakland Amerika Serikat ini merupakan drone pertama dengan kemampuan luar biasa ini. Menariknya lagi drone ini dapat dikendalikan ketika menyelam. Tangki udara Loon dipompa dengan air untuk memungkinkannya drone menyelam.

Drone ini terbilang paling unik dibandingkan empat drone diatas, karena bukan saja mampu terbang dan mendarat di atas permukaan air, ia juga mampu menyelam seperti kapal selam.

Diatas merupakan 5 drone terunik yang dapat kami rangkum, untuk menjadikan sebuah informasi teknologi yang semakin berkembang terus-menerus. Kedepannya pasti drone akan menjadi lebih canggih lagi dan tentunya bentuknya akan semakin unik.