Kamu Harus Tahu! Dampak Positif Dan Negatif Root Android

Sebagai pengguna android, biasanya kita sering tertarik untuk melakukan eksperimen terhadap hp android milik kita. Mulai dari merubah tampilan layar ponsel, sampai dengan melakukan root android. Tapi sebelum kita melakukan root pada android, kita harus mengetahui terlebih dahulu dampak positif dan negatif root android.

Memang ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan setelah melakukan root pada android, tapi tentu saja akan ada resikonya juga. Jadi sebelum melakukan root pada android, kita harus mempertimbangankan baik serta buruknya terlebih dahulu.

Dampak Positif Dan Negatif Root Android

Ada baiknya kita mengetahui efek positif dan negatif yang akan kita dapatkan, setelah kita melakukan root pada ponsel android kita. Berikut ini adalah dampak positif dan negatifnya:

Dampak positif

dampak-positif-root-android

1. Bisa menjalankan aplikasi tertentu

Bila smartphone sudah diroot, tentu saja kita bisa menjalankan beberapa aplikasi tertentu, yang memang memerlukan akses root. Sementara bila tidak memiliki akses root, maka kita tidak akan bisa menjalankan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang membutuhkan root adalah, AdBlocker, Root Explorer.

Namun kita juga harus berhati-hati menginstal aplikasi yang meminta akses root, karena dikhawatirkan aplikasi semacam itu sudah ditanamkan virus, trojan, atau malware.

2. Menghemat ruang penyimpanan internal

Menggunakan smartphone yang sudah diroot, kita juga bisa menghemat ruang penyimpanan internal. Sebab dengan akses root, kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang dirasa tidak berguna. Namun untuk menghapus aplikasi bawaan dengan akses root, kita harus lebih berhati-hati.

Karena jika kita asal menghapus aplikasi bawaan, dan ternyata file sistem yang kita hapus, maka smartphone kita bisa mengalami softbrick. Atau dampak negatif root android yang paling buruk adalah, smartphone kita bisa mati total.

3. Dapat menggunakan custom ROM

Dampak positif melakukan root android lainnya adalah, kita bisa menggunakan custom ROM pada smartphone kita. Custom ROM sendiri adalah sistem operasi buatan developer, yang bukan merupakan sistem operasi resmi dari vendor. Dengan menggunakan custom ROM kita bisa merubah tampilan antar muka ponsel kita, sehingga berbeda dengan tampilan antar muka smartphone lainnya.

Dampak Negatif

dampak-negatif-root-android

1. Menghilangkan garansi vendor

Dampak negatif yang akan kita dapatkan bila melakukan root pada smartphone  adalah, garansi yang diberikan vendor atau distributor tidak akan berlaku. Karena sebenarnya melakukan root pada ponsel android, merupakan tindakan yang bisa dikatakan ilegal.

Jadi bila terjadi kerusakan sistem setelah smartphone kita diroot, maka pihak vendor tidak akan mengabulkan permohonan klaim garansi kita. Karena biasanya para vendor smartphone memberikan ketentuan, bila pengguna sengaja merusak ponselnya, maka garansinya dianggap hangus.

2. Dapat menyebabkan kerusakan sistem

Melakukan root pada android sebenarnya bukan tanpa resiko, justru bila ponsel android diroot akan banyak kendala yang akan kita temukan. Hal ini dikarenakan, jika kita melakukan kesalahan saat melakukan root, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem androidnya.

Dampak negatif yang biasa terjadi setelah melakukan root smartphone adalah, ponsel pintar kita akan mengalami softbrick dan boot loop. Bila kerusakan sistemnya cukup parah, maka smartphone kita bisa mati total.

3. Rentan terhadap serangan virus

Smartphone android yang sudah diroot juga sangat rentan terhadap serangan virus, karena sistem keamanannya sudah dibuka. Yang paling berbahaya adalah ketika kita memasang custom ROM, bisa saja ROM tersebut sudah disematkan virus. yang Yang nantinya ponsel kita dapat dengan mudah terserang virus, dan bisa merusak sistem androidnya.

Itulah dampak positif dan negatif root android, yang harus kita ketahui. Agar kita tidak menyesal setelah melakukan root, ada baiknya kita memahami baik serta buruknya jika melakukan root pada smartphone.