Dampak Penggunaan Powerbank Pada Smartphone

Perkembangan zaman saat ini sudah sangat pesat, dibuktikan dengan kemajuan pada teknologi. Setiap orang saat ini sudah banyak menggunakan smartphone, baik itu untuk pekerjaan maupun hiburan semata. Dikarenakan daya pada smartphone terbatas, akhirnya powerbank pun hadir untuk kebutuhan penunjangnya.

Power Bank merupakan sebuah alat pengisi daya pada smartphone (Charger Portable) yang mudah dibawa. Power bank sendiri mempunyai beragam kapasitas, mulai dari 1500 mAh, 2800 mAh, 3000 mAh bahkan ada yang mencapai 100000 mAh.

Banyaknya perusahaan pembuat power bank seperti Vivan, Asus, Yoobao etc, pastinya memiliki kualitas yang berbeda. Daya yang disimpan pada power bank pada dasarnya sama seperti daya yang disimpan pada sebuah baterai isi ulang yang sering kita jumpai.

Kami pun mendapati sebuah pertanyaan dari teman kami:

Bagaimana mungkin sebuah baterai digunakan untuk mengisi baterai smartphone? Apakah perbedaan pengisian baterai melalui charger power bank dan charger Adaptor?

Perbedaan Charger PowerBank dan Charger Adaptor

1. Charger Powerbank

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada dasarnya power bank adalah sebuah baterai. Jadi apabila kamu mengisi daya menggunakan powerbank, sama saja mengisi menggunakan baterai. Secara logis, daya yang terdapat dalam baterai itu tidak stabil seperti listrik yang ada pada Socket.

powerbank

Dengan daya yang tidak stabil ini memungkinkan gangguan atau kerusakan terhadap baterai smartphone, setelah itu penggunaan power bank bisa bikin smartphone kalian yang ikutan rusak. Kalo tidak percaya coba kamu buktikan dan perhatikan sendiri, bahwa daya tahan baterai akan terus menurun jika terlalu sering mengisi daya menggunakan power bank dari pada mengisi daya menggunakan listrik.

Info : Pada dasarnya powerbank diciptakan untuk mengisi daya saat kebutuhan mendesak saja, bukan mengisi daya smartphone stiap waktu.

2. Charger Adaptor

Setiap smartphone yang kita beli pasti dibekali dengan charger adaptor masing – masing, dengan kapasitas daya yang berbeda pula. kenapa harus berbeda? Karena tiap baterai pada ponsel memiliki kapasita ampere baterai yang berbeda – beda.

powerbank

Selain lebih aman, charger menggunakan adaptor juga memiliki kelebihan lain seperti pengisian lebih optimal dan cepat, daya tahan baterai dengan umur yang lebih panjang (awet) etc. Ini semua dikarenakan pengisian dari socket listrik menggunakan adaptor menjadi lebih stabil.

Info : Pada dasarnya pengisian menggunakan charger adaptor lebih optimal, karena setiap smartphone dibekali dengan charger adaptor masing – masing (dengan daya Ampere yang sesuai kapasitas baterai).

Lalu apakah boleh menggunakan powerbank untuk charger smartphone? Jelas boleh, tapi jangan terlalu sering. Gunakan powerbank dengan baik, apabila tidak terdesak gunakan charger socket listrik untuk mengisi hp dengan optimal.


Baca juga:
Power bank Bisa Bikin Hp Rusak? Inilah Cara Memilih Power Bank Agar Hp Tidak Rusak