Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tool _ Bagaimana cara agar blog cepat terindeks Google? Bagaimana cara mendaftarkan blog ke Google Search Engine? Banyak pertanyaan semacam ini yang datang dari para pemilik blog, baik itu personal ataupun kelompok. Karena keinginan semua blogger adalah, agar blog atau website mereka bisa masuk dihalaman pertama Google Search.

Pada dasarnya pemilik blog berkeinginan agar banyak orang yang mau mengunjungi blog miliknya. Terlebih lagi bila mereka sudah monetisasi website milik mereka, sehingga pendapatan mereka dari iklan bisa semakin bertambah. Karena tujuan semua pemilik website, sudah pasti untuk menjadikannya sebagai penghasilan sampingan.

Namun untuk bisa menghasilkan uang yang cukup banyak dari blog, tentu saja jumlah pengunjung yang datang juga harus banyak. Sementara pengunjung yang paling banyak, dapat dihasilkan dari mesin penelusuran milik Google. Karena mayoritas pengguna internet menggunakan Google sebagai mesin pencarian.

Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool

Agar blog milik kita bisa cepat diindeks oleh Google, kita harus mendaftarkan blog atau website ke Google Webmaster Tool. Layanan SEO tool yang disediakan Google ini berfungsi untuk membuat blog kita dapat dideteksi dengan cepat oleh mesin pencari Google. Sehingga konten atau artikel yang kita buat bisa cepat terindeks oleh Google.

add property Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool
source: google webmaster

Adapun langkah dan cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke halaman www.google.com/webmasters/
  2. Selanjutnya kita harus membuat properti untuk blog kita di Google Webmaster Tool terlebih dahulu.
  3. Pertama klik tombol Add a Property, lalu masukan alamat website kita pada kotak yang telah disediakan.

Setelah itu kita akan dibawa ke halaman berikutnya, pada halaman ini kita diminta untuk melakukan verifikasi blog milik kita. Di halaman ini tersedia 2 pilihan metode yakni Recommended dan Alternate, namun kita akan menggunkan Alternate Methods. Pada metode ini tersedia 4 pilihan metode lainnya, yaitu:

  • HTML tag
  • Domain name provider
  • Google Analytics
  • Google Tag Manager

Pada dasarnya kesemua metode di atas dapat kita gunakan, untuk melakukan verifikasi Google Webmaster Tool. Tapi metode yang biasa digunakan adalah HTML Tag, karena cara penerapannya lebih mudah dibanding yang lainnya.

Cara verifikasi Google Webmaster Tool

verifikasi HTML tag Google Webmaster Tool
source: google webmaster
  1. Pilih opsi HTML Tag, nantinya akan muncul script HTML.
  2.  Copy script HTML yang disediakan ke blog atau website milik kita.
  3. Buka halaman dasboard, lalu paste script tadi di bawah tag <head>.
  4. Jika sudah, baru kita tekan tombol Verify yang ada di halaman Webmaster Tools.
  5. Selesai

Cara Submit Sitemap blog pada Google Webmaster Tool

sitemaps Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool
source: google webmaster

Setelah melakukan cara di atas, langkah selanjutnya kita harus memasukan atau submit sitemap blog ke Google Webmaster Tool. Hal ini bertujuan agar Google dapat merayapi website kita, dan agar blog kita cepat diindeks Google.

  1. Masuk ke properti website kita.
  2. Kemudian pilih menu Crawl, lalu pilih lagi opsi Sitempas.
  3. Pada halaman ini, kita harus menambahkan Sitemaps dari blog kita.
  4. Tekan tombol Add/Test Sitemaps pada pojok kanan atas.
  5. Pada kolom yang disediakan masukan script berikut ini /feeds/posts/default?orderby=updated, lalu tekan Submit.
  6. Selesai

Sekarang website kita sudah diverifikasi oleh Webmaster Tool Google dan Sitemaps blog kita juga sudah disubmit. Jadi setiap kali kita melakukan pembaruan halaman ataupun update konten, maka Google akan merayapi website kita, agar bisa ditampilkan pada mesin pencarian Google. Jika kesemua cara dan langkah di atas dilakukan dengan benar, pasti akan berhasil.

Itulah cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool, beserta cara verifikasi blog ke Webmaster Google. Sehingga halaman ataupun artikel dari website kita dapat cepat diindeks Google, dan blog kita berpotensi tampil dihalaman pertama Google Search.

Cara yang telah dijelaskan di atas, sangat berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization) pada blog atau website kita. Karena website yang bagus, haruslah mengikuti segala ketentuan SEO yang telah dibuat oleh Google. Dengan begitu blog kita tidak akan ditendang atau di-deindeks oleh Google, selaku pemilik mesin pencarian.