5 Ciri-ciri Smartphone Terkena Virus Berbahaya

Smartphone kini telah mengalami evolusi yang cukup signifikan, sebab itu lah ponsel sudah tidak luput dari genggaman tangan. Tidak hanya sebagai alat alternatif berkomunikasi saja, ponsel cerdas canggih sekarang mampu melakukan banyak hal.

Apa kalian tau? ternyata apabila kita terlalu sering mengoperasikan Hp secara sembarangan dapat menyebabkan ponsel terkena berbagai jenis virus. Secara tidak langsung, efek dari terserang virus tersebut mengakibatkan smartphone sering sekali hang saat dioperasikan.

Ciri-ciri Smartphone Terkena Virus

Sebenarnya banyak tanda-tanda smartphone terkena virus, namun 5 hal inilah yang paling membuktikan jika ponsel cerdas kalian terinfeksi virus.

1. Smartphone Lemot

Tanda-tanda smartphone terkena virus yang pertama yaitu lemotnya Hp saat digunakan, selain itu juga menurunya kinerja ponsel. Bahkan yang lebih parah dari itu semua adalah banyaknya hang ketika kita ingin membuka berbagai jenis program.

smartphone-terkena-virus

Maka apabila sudah begitu segeralah untuk membersihkan smartphone dengan antivirus, tidak hanya dapat men-scan virus ternyata menggunakan antivirus juga dapat mem-blok virus yang akan masuk kedalam ponsel pintar kalian.

2. Banyaknya File Tidak Dikenal di Penyimpanan

tanda-smartphone-terserang-virus

Kalian yang sering sekali bolak balik ke ruang penyimpanan, pasti pernah menemukans sebuah file atau berkas tidak dikenal. Biasanya file tersebut akan sangat susah sekali untuk dihapus, meskipun sudah dihapus akan kembali lagi ke tempat semua.

3. Hp Sering Mati Saat Digunakan

tanda-smartphone-terserang-virus

Ciri-Ciri smartphone terkena virus yang ketiga adalah sering matinya smartphone saat digunakan, biasanya hp akan secara otomatis merestart dengan sendirinya tanpa kalian perintah. Nah jika sudah seperti ini cukup bahaya, solusi utama yang harus kalian lakukan yaitu membersihkan virus menggunkan antivirus.

4. Baterai Menjadi Boros

tanda-smartphone-terinfeksi-virus

Kebanyakan orang menganggap bahwa baterai yang boros disebabkan oleh bocornya baterai itu sendiri, namun ternyata hal tersebut juga dapat disebabkan oleh infeksi virus. Biasanya ciri-ciri ini ditandai dari banyaknya aplikasi atau program yang berjalan tanpa kalian buka, itulah penyebab bertambahnya konsumsi baterai.

5. Pemakaian Data Jadi Berlebihan.

tanda-hp-terkena-virus

Malware ternyata bisa juga mengontrol pemakaian data telepon dan sms tanpa kalian ketahui, sehingga kalian akan sering sekali kehabisan kuota atau pulsa tanpa penyebab pasti. Biasanya tanda-tanda smartphone terkena virus paling nyata adalah munculnya pesan tidak jelas atau munculnya pop-up.

Itulah ciri-ciri smartphone terkana virus yang mungkin belum kalian ketahui, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam menggunakan ponsel pintar. Adapula tips membersihkan smartphone dari virus trojan dengan menggunakan clean master.