Smartphone Disadap, Ini Ciri-Cirinya Yang Harus Kamu Ketahui

Beberapa waktu belakangan memang banyak terdengar berita penyadapan pada smartphone, penyadapan ini biasa dilakukan oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Pekerjaan seorang hacker selain meretas sebuah situs, beberapa diantara mereka juga ada yang melakukan tindak kejahatan penyadapan. Untuk mengetahui smartphone disadap atau tidak, kamu bisa mengenalinya dari ciri-cirinya.

Menyadap sebuah ponsel android bisa memberikan keuntungan bagi pelakunya, mereka bisa mengakses jaringan internet kita dan bahkan membuka semua file di dalam ponsel kita. Sehingga dapat menimbulkan kerugian bagi korbannya, tanpa disadari oleh korban itu sendiri.

Ciri-Ciri Smartphone Disadap Orang

Banyak cara untuk mencegah terjadinya penyadapan, agar kita sebagai pengguna smartphone tidak merasa dirugikan. Untuk itu kita harus mengenali terlebih dahulu, bagaimana ciri-ciri smartphone yang telah disadap. Agar lebih mudah bagi kita melakukan langkah pencegahannya. Berikut ini ciri-ciri ponsel yang sudah disadap:

1.Adanya aplikasi yang tidak dikenal

aplikasi-tidak-dikenal-smartphone-disadap

Ciri pertama dari ponsel android disadap orang adalah, pada ponsel kamu terdapat aplikasi yang tidak dikenal. Aplikasi mencurigakan seperti itu perlu kita waspadai, karena kemungkinan bisa mengandung virus ataupun malware. Sementara yang lebih bahaya adalah hadirnya spyware dari aplikasi tidak jelas tersebut.

Virus dalam bentuk spyware sendiri bisa merekam semua file, data dan bahkan merekam semua yang kita ketik pada papan keyboard. Kemudian semua data tadi akan diteruskan kepada si pembuat virus itu. Hal ini membuktikan bahwa smartphone kita sudah disadap orang lain tanpa kita sadari.

2.Baterai ponsel cepat habis dan panas

baterai-cepat-habis-smartphone-disadap

Baterai ponsel juga bisa menjadi indikator apakah smartphone kita disadap atau tidak, karena bila ada orang lain mengakses ponsel kita menggunakan perangkat lainnya, tentu saja akan membuat beban kerja ponsel android kita semakin berat. Hal itu bisa membuat baterai hp kita jadi cepat habis dan panas, meskipun daya baterainya sudah disi penuh.

Untuk mengetahui pemakaian baterai ponselmu normal atau tidaknya, kamu bisa memiriksanya pada menu pengaturan. Pada menu itu kamu dapat melihat penggunan daya baterai dari masing-masing aplikasi yang terinstal pada android kamu.

3.Kuota paket data cepat habis

kuota-cepat-habis-smartphone-disadap

Bila kamu merasa kuota paket datamu cepat sekali habis, kamu patut curiga kalau smartphone kamu telah disadap orang. Karena pelaku penyadapan juga bisa menggunakan akses internet pada hpmu, dan membebankan pemakaian kuotanya padamu tanpa kamu ketahui. Hal tersebut akan membuat kuota data kamu cepat sekali habis, diluar kewajaran pemakaian kamu biasanya.

4.Smartphone jadi lemot

smartphone-lemot-disadap

Ciri berikutnya dari smartphone disadap orang adalah, kinerjanya yang semakin menurun dan membuat hp androidmu jadi semakin lemot. Meskipun kamu menggunakan smartphone dengan kapasitas RAM cukup besar, bila hp kamu itu sudah disadap maka kinerjanya akan terus menurun. Bila sudah seperti itu pastinya akan menggangu semua kegiatanmu, dalam menggunakan smartphone milikmu itu.

5.Sering muncul iklan Pop Up

popup-iklan-smartphone-disadap

Ciri lainnya dari ponsel android yang sudah disadap adalah, sering sekali muncul iklan Pop Up yang tidak jelas darimana datangnya. Setiap iklan yang muncul tentunya akan sangat mengganggu bagi pengguna smartphone, tapi justru bisa menambah pundi-pundi rupiah bagi pelaku penyadapan.

6. Lokasi aktif dengan sendirinya

lokasi-aktif-smartphone-disadap

Salah satu tujuan orang lain melakukan penyadapan adalah, mengetahui lokasi terkini dari korbannya. Jadi jika pengaturan lokasi pada hp android kamu aktif dengan sendirinya, berarti ada aplikasi yang memaksa lokasi pada ponsel pintar kamu untuk aktif. Hal ini bisa menjadi indikator bahwa ponsel milikimu sudah disadap orang.

7.WiFi sering menyala sendiri

wifi-aktif-smartphone-disadap

Selain lokasi yang sering aktif dengan sendirinya, WiFi sering menyala sendiri juga sering terjadi pada ponsel yang telah disadap. Bila kamu tidak merasa menggunakan WiFi tapi ternyata fitur WiFi ponsel kamu menyala dengan sendirinya, bisa jadi smartphone milikmu itu sudah disadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

hp kamu disadap
Baca juga:
Cara Mengetahui Apakah HP Kamu Disadap Atau Tidak

Demikian beberapa ciri dari smartphone disadap orang lain, agar kita sebagai pengguna ponsel android bisa terhindar dari tindak kejahatan penyadapan. Jangan lupa juga memasang aplikasi security atau antivirus pada smartphone kamu, untuk menangkal masuknya virus seperti trojan, malware dan spyware. Karena virus semacam itu bisa menjadi jalan masuk bagi hacker, untuk melakukan penyadapan pada perangkat selular kita.