Teknobos
Tech in Touch

4 Cara Verifikasi Berita Di Internet, Agar Tidak Termakan Hoax

Belakangan ini banyak terjadi penyebaran berita yang tidak jelas sumber dan kebenarannya, atau yang biasa disebut dengan hoax. Verifikasi berita di internet adalah langkah mudah yang bisa kita lakukan, agar kita tidak mudah termakan berita bohong atau hoax.

Hadirnya berita bohong semacam itu tentu karena ada niat dan maksud tidak baik dari si pembuat berita, sehingga membuat publik jadi cemas. Terlebih lagi bila sampai terjadi perpecahan karena ada segelintir orang yang termakan oleh berita hoax itu.

Tujuan orang membuat berita hoax memang untuk menipu masyarakat, jadi perlu langkah pencegahan dari kita agar tidak mudah termakan oleh berita bohong. Cara yang paling mudah adalah, memverifikasi terlebih dahulu berita yang kita dapatkan dari internet. Pastikan dulu sumber dan isi beritanya memang benar, jangan langsung menyebarkannya lewat media sosial.

Cara Verifikasi Berita Di Internet

Langkah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari berita hoax, kita bisa cari tahu dulu kebenaran informasi yang disampaikan. Kita juga bisa menyelidiki latar belakang dari si pembuat berita, apakah orang tersebut memang memiliki kredibilitas yang bagus atau tidak.

Empat cara simpel ini bisa membantu kita untuk memverifikasi kebenaran berita, yang bersumber dari internet atau sosial media:

1. Gunakan Google Images Search

images-google-verifikasi-berita-di-internet

Tidak hanya untuk mencari gambar saja, tetapi kita bisa memanfaatkan pencarian gambar Google itu untuk memverifikasi kebenaran sebuah berita. Dengan memanfaatkan algoritma yang dapat mendeteksi gambar, mesin pencari akan mencocokan tautan yang serupa dengan gambar yang kita unggah.

Nantinya akan ada ratusan atau bahkan ribuan informasi yang memiliki kesamaan topik, dengan gambar yang kita unggah tadi. Dari situ kita bisa melihat, apakah dari sumber lainnya, menyampaikan berita yang sama atau tidak. Bila banyak sumber yang menyampaikan berita tersebut, bisa dipastikan informasi pada berita itu memang benar adanya.

2. Menemukan identitas penulis dengan Pipl.com

pipl-verifikasi-berita-di-internet

Langkah kedua yang bisa kita lakukan untuk mencari kebenaran informasi dari sebuah berita, adalah dengan mencari informasi tentang penulisnya. Hal ini bisa kita lakukan dengan memanfaatkan situs Pipl.com, karena situs tersebut dapat mencari identitas semua orang, selama orang itu memiliki media sosial atau alamat email.

Kita bisa memasukan nama penulis beritanya, dan bila perlu lokasi dia berdomisili agar pencarian bisa lebih diperkecil. Situs Pipl.com akan menampilkan beberapa tokoh yang sesuai, atau paling tidak serupa dengan nama yang kita ketik pada kolom pencarian. Dari hasil pencarian itu nantinya kita tinggal mencocokan fotonya atau namanya saja.

3. Melihat trending topic dengan Trendsmap.com

trendsmap-verifikasi-berita-di-internet

Untuk bisa memastikan informasi dari berita yang beredar di internet, kita bisa melihat topik apa yang sedang hangat dibicarakan saat ini. Parameter yang biasa digunakan adalah Twitter, karena sosial media ini bisa dibilang paling realtime. Menggunakan Trendsmap kita bisa mengetahui apakah topik yang sedang banyak dibicarakan, benar atau tidak.

4. Feedly.com untuk melihat sumber berita yang kredible

feedly-verifikasi-berita-di-internet

Dengan hadirnya konten yang berkesinambungan, situs ini menyajikan beragam konten yang bermanfaat bagi pencari konten, dari sumber yang kredible. Tidak seperti situs pembaca RSS lainnya, Feedly akan mensortir channel sumber berita yang bersumber dari YouTube. Sehingga kita bisa mengetahui sumber asli dari setiap video yang terdapat di YouTube.

Itulah 4 langkah untuk verifikasi berita di internet, yang bisa menghindarkan kita dari termakan oleh berita bohong atau hoax. Jadi sebelum kita membagikan sebuah berita, ada baiknya kita menyelidiki kebenaran dari informasi serta sumber berita tersebut.