Cara Upload Foto Di Facebook Dengan Kualitas HD

Ada kalanya ketika kita mengunggah foto ke Facebook, ternyata hasil fotonya jadi buram atau pecah. Hal ini biasanya dikarenakan resolusi foto yang diunggah akan dikompresi oleh situs jejaring sosial itu. Sehingga kualitas fotonya jadi berkurang, karena sudah melewati proses kompresi. Untuk itu kita harus memahami cara upload foto di Facebook agar tetap berkualitas HD.

Pada dasarnya situs jejaring sosial tersebut mengkompresi foto-foto yang diupload pengguna, untuk meringankan beban memori situs itu sendiri. Karena bila semua pengguna mengunggah foto kualitas HD tanpa dikompresi, maka akan memperlambat pemuatan halaman situs.

Sebenarnya kita masih bisa menyiasati agar foto yang diupload tetap dalam kualitas bagus, dan Facebook juga masih memperbolehkan hal tersebut. Selama foto yang diunggah tidak merupakan konten yang negatif, atau mengandung unsur pornografi.

Cara Upload Foto Di Facebook Agar Tidak Pecah

Kita bisa mengunggah foto ke situs jejaring sosial ini dengan kualitas yang bagus, namun akan tetap melalui proses kompresi terlebih dahulu. Jadi agar foto yang kita upload ke Facebook tidak pecah atau buram, berikut ini ada cara-caranya.

1. Resolusi foto minimal 2048 pixel

Upload Foto Di Facebook Dengan Kualitas HD

Panduan pengguna Facebook menjelaskan, bahwa foto dengan resolusi 2048 pixel merupakan resolusi yang ideal untuk foto kualitas HD. Meskipun nantinya foto akan tetap melewati proses kompresi, setidaknya kualitasnya tidak berkurang terlalu banyak.

2. Pilih opsi High Quality saat upload

Cara-Upload-Foto-Di-Facebook-Dengan-Kualitas-HD
source: facebook

Situs jejaring sosial terbesar di dunia ini, menyediakan pilihan untuk mengupload gambar dengan resolusi tinggi. Pastikan ketika kita mengunggah foto, di sisi kanan layar, kita ceklis opsi “Kualitas Tinggi“, agar foto yang kita upload tetap pada resolusi tinggi. Sehingga saat foto sudah tersimpan dalam album Facebook, hasilnya tidak akan pecah atau buram.

3. Gunakan link sumber gambar

Cara Upload Foto Di Facebook Dengan Kualitas HD

Bila kita hanya ingin membagikan sebuah gambar yang kita peroleh dari internet, lebih baik yang kita bagikan adalah link-nya. Karena jika kita download gambarnya, untuk kemudian diupload ulang, maka kualitasnya akan semakin menurun.

Cara untuk membagikan link gambar yang bersumber dari intenet ke Facebook:

  • Cari gambar yang ingin dibagikan.
  • Klik kanan pada gambar, pilih opsi Copy Image Address.
  • Selanjutnya, Paste link gambar tadi pada kolom status di halaman Facebook kita.
  • Kemudian kita tinggal kirim gambar tadi.

Cara upload foto resolusi HD dari aplikasi Facebook Mobile

Upload-Foto-Di-Facebook-mobile-Dengan-Kualitas-HD

Selain dari situs jejaring sosial Facebook, kita juga bisa melakukan pengaturan pada Facebook Mobile. Agar foto yang ktia unggah selalu dalam resolusi tinggi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Facebook Mobile.
  • Masuk ke menu Help & Setting.
  • Pilih App Setting > Upload HD Photos.
  • Selanjutnya kita tinggal aktifkan fitur Upload HD Photos tersebut.

Itulah cara upload foto di Facebook agar tidak pecah, dan kualitas fotonya tetap bagus. Yang harus diperhatikan adalah, resolusi asli dari foto yang ingin kita unggah, karena nantinya foto tersebut akan melewati proses kompresi. Jadi kualitasnya akan diturunkan oleh Facebook, jika resolusi fotonya kecil, maka hasil foto yang diunggah menjadi buram.

Berbicara soal Facebook, tentu saja sangat menarik untuk membahas sejarah berdirinya Facebook. Agar pengetahuan kita semakin bertambah, dan bisa menginspirasi kita dalam mewujudkan cita-cita, seperti yang telah dilakukan Mark Zuckerberg.