Teknobos
Tech in Touch

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 7 yang Benar?

Sudah tahukah kamu cara uninstall aplikasi di windows 7? Beberapa aplikasi yang sudah tidak diperlukan sebaiknya dihapus. Apalagi kalau aplikasi-aplikasi tersebut sudah membuat ruang penyimpanan di komputer kita menjadi penuh. Akibatnya komputer jadi bekerja lebih lambat atau lemot. Selain itu, dengan menguninstall program yang tidak dibutuhkan akan membebaskan storage harddisk komputermu.

Nah, kira-kira bagaimana ya cara uninstall aplikasi di windows 7 yang benar? Simak cara-cara berikut ini.

Bagaimana Cara Uninstall Aplikasi di Windows 7 yang Benar - TIps

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 7

  1. Uninstall melalui list Program and Featured

Caranya cukup Mudah. Pertama, buka Control panel melalui start menu lalu klik menu programs. Kedua, pada menu settings, pilihlah programs and Features kemudian pilihlah aplikasi mana yang ingin kamu uninstall. Klik uninstall di tombol atas atau kamu bisa juga dengan double klik pada aplikasi yang ingin kamu uninstall. Selanjutnya, ikutilah petunjuk dari uninstall aplikasi tersebut. Mungkin antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain bisa saja beda cara menghapusnya, tapi kebanyakan yang di klik pada instruksi adalah unistall, next, atau yes pada langkah-langkah selanjutnya.

  1. Uninstall melalui shortcut untuk uninstall software

Meskipun cara ini termasuk mudah, namun tidak semua aplikasi menyediakan shortcut untuk uninstall di start menu. Caranya , pertama buka start menu lalu buka folder aplikasi yang ingin kamu uninstall. Jika memang aplikasi tersebut menyediakan shortcut untuk uninstall, maka di situ akan muncul shortcut untuk uninstall aplikasi tersebut. Klik shortcut tersebut lalu ikuti petunjuk uninstallnya.

  1. Dengan mencari letak file unistaller di aplikasi

Cara uninstall aplikasi di windows 7 selanjutnya cukup sulit, yaitu dengan mencari letak file uninstaller di aplikasi tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kamu buka Windows Explorer kemudian klik Drive C atau lokasi Windows telah tersimpan.

  • Buka folder aplikasi yang ingin kamu uninstall

  • Amati, klik file yang menandakan kalau itu merupakan file untuk uninstaller.

  • Ikuti panduan yang telah tersedia untuk uninstall aplikasi pada uninstaller.

  • Tunggu sampai prosesnya selesai.

Mudah kan cara uninstall aplikasi di Windows 7? Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus dibawa ke tukang service komputer. Selain hemat, siapa tahu kamu nantinya malah bisa membantu teman-temanmu untuk uninstall aplikasi di komputer mereka.

baca juga artikel tips dan trik komputer lainnya.