Cara Tepat Membersihkan Kamera Agar Bebas Debu dan Kotoran

13

TeknobosCara Tepat Membersihkan Kamera Agar Bebas Debu dan Kotoran – Tidak hanya baju atau tempat tidur, tapi kamera perlu dibersihkan secara rutin. Jika Anda belum pernah membersihkan kamera dan lensa sebelumnya, sebaiknya bawa ke area servis dan ditanganTipsi oleh ahlinya. Namun, jika ingin menghemat anggaran saat bereksperimen, Anda bisa mencoba membersihkan kamera sendiri.

Cara Tepat Membersihkan Kamera Agar Bebas Debu dan Kotoran

Ini tidak sulit sama sekali, cukup hati-hati dan perhatikan membersihkan semua bagian kamera. Sebelum Anda mulai membersihkan, harap pahami dasar-dasarnya!

1. Kumpulkan alat-alatnya terlebih dahulu

Anda harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu.

Pertama, blower berbahan karet digunakan untuk memompa udara dan membersihkan debu di dalam lensa. Jika digunakan secara rutin, blower ini mencegah penumpukan debu dan kotoran.

Anda membutuhkan kain yang terbuat dari microfiber. Kain ini dirancang khusus untuk membersihkan permukaan kaca lensa kamera. Jangan memakai pakaian lain, jika tidak lensa bisa rusak dan tergores.

Anda juga membutuhkan pena pembersih lensa untuk membersihkan kamera dan lensa. Bulu halus dapat menghilangkan debu, kotoran bahkan sidik jari dari lensa. Cara menggunakan dan menyimpannya pun mudah.

Tentu saja, Anda membutuhkan cairan pembersih lensa. Ingat, jangan menyemprotkan cairan ini langsung ke permukaan lensa. Silakan semprotkan pada kertas tisu atau selembar kain terlebih dahulu, lalu seka permukaan lensa dengan kain ini.

2. Gunakan blower untuk membersihkan lensa lebih dulu

Tidak perlu memisahkan lensa dari kamera. Blower digunakan untuk membersihkan partikel debu dan kotoran yang ada di permukaan lensa. Pompa blower dengan satu tangan dan pegang kamera dengan tangan lainnya.

Jika masih ada partikel debu dan kotoran pada lensa, semprotkan pembersih lensa ke kain mikrofiber, lalu seka permukaan lensa dengan lembut. Anda juga dapat menggunakan lap non-abrasif dan lap dengan lembut untuk menghindari goresan pada lensa.

3. Pasang UV filter untuk melindungi lensa

Filter UV memiliki dua fungsi yaitu menghalangi sinar UV sekaligus melindungi lensa dari debu, kotoran, sidik jari, air, dan kerusakan. Jika filter UV Anda suatu saat rusak, tidak perlu khawatir.

Ganti saja dengan filter UV baru! Harganya murah, rata-rata kurang dari Rp 100.000, dan bisa Anda beli di toko kamera atau toko online.

4. Anda juga bisa membersihkan sensor, tetapi perlu kehati-hatian

Kecuali jika lensa sering diganti, anda tidak perlu terlalu sering membersihkan sensor. Perubahan lensa yang sering berarti peningkatan risiko debu dan kotoran yang masuk ke sensor melalui udara.

Jika sensor terlalu kotor akan mempengaruhi efek foto. Pertama, letakkan badan kamera di tempat yang terang dan datar.

Kemudian, dengan daya menyala, setel kamera ke mode pembersihan. Tujuannya untuk mengangkat cermin di depan sensor dan menguncinya pada posisi terbuka.

Karena itu, Anda bisa membersihkan sensornya. Pengaturan ini bervariasi dari kamera ke kamera. Sebagai contoh, Pada Nikon D50, pengaturan ini disebut “Mirror Lock”.

Baca juga : Tips Membeli Laptop untuk Anak Sekolah