Cara Merawat Hardisk Laptop Anda Dengan Mudah

Cara merawat hardisk adalah salah satu wujud dari kepedulian kita dengan PC atau komputer yang mungkin hampir setiap hari kita gunakan untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Saat terjadi gangguan pada hardisk, tentu saja hal ini akan mengganggu pekerjaan kita pula dan semuanya bisa kacau berantakan. Oleh karena itu, merawat adalah salah satu tindakan preventif agar tidak terjadi kerusakan yang fatal.

Seperti yang kita tahu, hardisk ini sangat rentan dan mudah sekali rusak. Apalagi ditambah lagi harganya yang cukup mahal. Tentu saja kamu tidak mau kan menambah list budget pengeluaran hanya karena tidak merawat atau ceroboh dalam penggunaanya? Oleh karena itu, simaklah tips berikut ini.

Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Hardisk Laptop Anda Dengan Mudah - Tips - Hardware

  1. Seperti yang kita tahu, semakin banyak file yang tersimpan di drive c akan mengakibatkan melemahnya kinerja laptop atau Hal ini terjadi karena disk space nya habis dengan berbagai macam hasil download ataupun file lain yang disimpan di situ. Oleh karena itu, simpanlah atau pindahkan file itu ke drive lain.
  2. Managelah penggunaan space dengan memisahkan file yang kamu miliki. Pastikan drive C hanya untuk system saja, sedangkan drive D dan E dapat kamu gunakan untuk menyimpan file yang lain agar lebih rapi dan kamu juga tidak kebingungan saat mencari file.
  3. Apabila terjadi sedikit error, jangan langsung menyimpulkan kalau PC atau laptop kamu memerlukan instal ulang. Karena terlalu sering melakukan instal ulang akan berdampak buruk dan sama saja seperti memperpendek umur hardisk.
  4. Biasakan mematikan komputer dengan langkah yang benar yaitu menggunakan tombol shut down. Karena bila kamu sering mematikannya langsung dengan menggunakan tombol power off, hal itu akan merusak hardisk.

Sebagai gambarannya, bila kamu mematikan PC atau laptop saat masih ada aplikasi yang terbuka, tentu saja hardisk akan shock dan membuatnya menjadi bad sector.

  1. Gunakanlah laptopmu di tempat yang tidak menyerap panas, misalnya di meja dan lebih baik lagi bila kamu tambahkan fan di bawahnya sehingga tidak mudah panas. Jangan meletakkannya di kasur karena itu akan membuat panas terserap dan membuat hardisk hang atau cepat rusak.
  2. Pastikan kamu memiliki antivirus untuk memproteksi PC dan laptop sehingga sistem hardisk tidak terganggu dan rusak.
  3. Hapuslah file yang tidak dipakai secara berkala sehingga ada banyak ruang yang tersedia di dalam hardisk. Ini akan membantu kinerja hardisk lebih ringan dan awet.
  4. Lindungilah laptopmu dari benturan atau guncangan yang terlalu keras. Apabila laptopmu sering terjatuh, hal ini dapat berdampak buruk pada hardisk.
  5. Perhatikan arus listrik yang terhubung dengan PC atau laptop. Bila tegangan tidak stabil, hal ini akan membuat hardisk juga cepat rusak.

Semoga beberapa cara merawat hardisk dengan mudah dan simple ini dapat membuat PC atau laptop kamu semakin awet dan tidak mudah error. Sangat disayangkan bukan bila kamu harus kehilangan banyak uang karena kelalaian dan kecerobohanmu sendiri. Semoga informasi ini membantu.