Rahasia Meningkatkan Konversi Web dengan Smart Cheetah

301

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Teknobos.com – Mengenal Smart Cheetah, senjata rahasia yang digunakan Otomart untuk melipatgandakan konversi web nya – Artikel Teknobos kali ini mengulas bagaimana cara meningkatkan konversi web bahkan melipatgandakan konversi web yang dilakukan oleh situs jual beli mobil Otomart dengan menggunakan analytic tools terbaru dari Smart Cheetah.

Memperoleh kunjungan traffic yang tinggi adalah hal yang diinginkan bagi setiap situs e-commerce.

Namun apabila jumlah traffic tidak menghasilkan konversi yang berujung pada transaksi pembelian, maka sebenarnya traffic ini sia-sia.

Traffic ramai, konversi tinggi itu adalah goal yang sesungguhnya. Di sinilah pemilik situs e-commerce harus memahami bagaimana cara meningkatkan konversi web nya.

Bahkan, kendati jumlah traffic sebenarnya tidak terlalu tinggi, konversi transaksi pembelian bisa saja tetap tinggi. Hal ini seperti contoh kasus yang dialami situs jual beli Otomart.

Kok bisa? Ayo kita simak ulasan dari teknobos.com berikut ini!

Analisa Mendalam Smart Cheetah terhadap Situs Otomart

Otomart adalah salah satu portal web populer di Indonesia yang mempertemukan penjual dan pembeli mobil bekas.

Ketika Otomart menganalisa situs mereka dengan Smart Cheetah, sebuah tools asal Jepang untuk menganalisa situs web, hasilnya tidak terduga. Namun, dalam arti yang positif.

Kebanyakan tools hanya berfokus pada performa situs, tetapi Smart Cheetah lebih dari itu.

Smart Cheetah melakukan analisa yang mendalam dan membantu pemilik web mengidentifikasi area yang dapat menjadi peluang untuk mengoptimasi situs dan memberikan rekomendasi untuk memperbaiki tingkat konversi.

Smart Cheetah menganalisa data log situs Otomart dari Januari hingga April 2017, dan akhirnya terungkap bahwa terdapat beberapa issue terkait traffic, aliran pengunjung situs, konten situs.

Tidak hanya itu, problem yang paling kritikal terungkap bahwa dari sekian banyak pengunjung ternyata mereka memutuskan pergi meninggalkan situs tanpa melakukan pembelian.

Pembenahan Otomart untuk Meningkatkan Konversi Web

Pekerjaan rumah yang utama dalam mengkonversi pengunjung situs menjadi pembeli adalah menganalisa aliran kunjungan.

Otomart wajib menciptakan pengalaman yang mulus dari awal masuk situs sehingga pengunjung situs tidak memutuskan untuk meninggalkan Otomart tanpa pembelian.

Dari analisa Smart Cheetah terlihat bahwa pengunjung menghabiskan banyak waktu di halaman pencarian mobil, lantas mereka meninggalkan situs.

Mengapa? Sederhana saja, para pengunjung ternyata tidak menemukan apa yang mereka mau karena fitur-fitur hingga menu pada situs Otomart kurang user friendly.

Dari semua pendekatan optimasi, yang didasarkan pada hasil analisa, Otomart mulai membenahi fungsi pencarian produk terlebih dahulu.

Sebelumnya pengunjung hanya bisa memilih model mobil dari daftar berformat drop-down. Visibilitas produk lebih kecil karena sulit dicari.

Sekarang pengunjung dapat memilih berdasarkan brand. Logo ditampilkan untuk mempertinggi visibilitas produk.

Pengunjung juga dapat memilih beberapa brand mobil yang paling banyak diakses atau dibeli. Pencarian lebih mudah hanya dengan sekali klik.

Dengan pembenahan User Interface dan User Experience, kini Otomart berhasil meningkatkan konversi web nya hingga berlipatganda.

Pembenahan yang dilakukan memang terkesan sepele, tetapi berdampak besar. Konversi situs desktop Otomart melonjak 170 persen, sementara pada situs mobile meroket hingga 210 persen.

Ajaibnya angka traffic tetap stabil bahkan cenderung menurun. Hal ini menandakan bahwa bounce rate dan abandonment rate situs Otomart turun angkanya.

Mengenal Smart Cheetah

Meningkatkan Konversi Web Otomart Dengan Smart Cheetah
Tampilan Dashboard Smart Cheetah

Smart Cheetah merupakan analytic tools yang secara berkesinambungan dikembangkan oleh PENCIL, konsultan situs web berbasis riset dan pengembangan asal Fukuoka, Jepang, sejak 2006.

Bak jamur di musim penghujan, fenomena e-commerce lahir dimana-mana. Hingga kini, PENCIL telah berkiprah selama kurun waktu 20 tahun dengan menyediakan layanan konsultasi berbasis hasil untuk membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan online para e-commerce.

Fitur-fitur pada tools Smart Cheetah terus dikembangkan dan diperbaharui dua kali dalam setahun dan versi terbarunya, Smart Cheetah 20.0 baru saja dirilis September 2017.

Di Jepang sendiri, Smart Cheetah telah digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka yang bergerak di berbagai bidang industri untuk meningkatkan konversi web.

Tools ini juga telah merilis versi Bahasa Inggris pada 2017 untuk semakin memperluas kesempatan perusahaan-perusahaan di luar Jepang dalam mengembangkan bisnisnya menggunakan Smart Cheetah.

Setiap situs mempunyai karakteristik tersendiri, itulah sebabnya menganalisa situs web sangat penting untuk mengidentifikasi “kemacetan” tingkat konversi atau performa.

Keberhasilan Smart Cheetah menemukan banyak persoalan di situs Otomart sekaligus membuka banyak ruang untuk meningkatkan konversi web.

Ada kabar baik untuk para pemilik web di Indonesia, nantinya PENCIL memiliki rencana untuk merilis versi baru Smart Cheetah yang dilokalisasi khusus untuk pasar Indonesia.

Bagi para pelaku e-commerce, marketplace atau online shop yang ingin melipatgandakan konversi web nya, Smart Cheetah rasanya perlu masuk menjadi senjata rahasia Anda.