Cara Mengunci WhatsApp di Android dan Iphone

44

TeknobosCara Mengunci WhatsApp di Android dan Iphone – Anda pasti punya teman yang suka buka-buka ponsel orang lain kan? Entah itu hanya iseng, hal ini pasti membuat kita merasa tidak nyaman. Apalagi jika mereka membuka WhatsApp yang berisi banyak percakapan penting dengan orang lain.

Cara Mengunci WhatsApp di Android dan Iphone

Bahkan, untuk keperluan bercanda, mereka juga kerap mengirimkan pesan ke orang lain atau “membajak” akun kita. Anda tidak ingin mengalami ini, bukan?

Untungnya, Anda dapat melindungi WhatsApp dari kejailan ini dengan banyak cara. Kita dapat memasang kunci yang hanya dapat diakses oleh kita sendiri. Ingin tahu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Cara mengunci WhatsApp di Android

Kita bisa menggunakan sidik jari atau finger print dengan fitur privasi untuk memasukkan kata sandi di WhatsApp. Oleh karena itu, setiap ingin membukanya, Anda harus meletakkan jari Anda di atas sensor yang ada di smartphone. Metode pemasangannya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan anda telah meng-update WhatsApp ke versi terbaru;
  • Masuk ke WhatsApp, buka menu ‘Settings’
  • Pilih ‘Account’ kemudian masuk ke ‘Privacy’
  • Scroll sampai ke bawah dan anda akan menemukan pilihan ‘Fingerprint lock’
  • Nyalakan toggle ‘Unlock with fingerprint’ dan klik ‘Set up’
  • Lalu pilih jenis kunci yang anda inginkan. Apakah pattern (pola), PIN, atau sidik jari.

2. Cara lain terkait pengunci WhatsApp di Android

Setelah memilih jenis kunci yang diinginkan, beberapa pengaturan lain harus disesuaikan. Ini termasuk jeda waktu dalam mengaktifkan kunci dan menampilkan konten pesan dalam notifikasi / pemberitahuan.

Untuk jeda waktu, opsi pertama yang tersedia adalah ‘immediately’. Artinya WhatsApp akan langsung terkunci setelah Anda menutup atau mengunci layar. Pilihan lainnya adalah setelah 1 menit & 30 menit.

Kemudian, Anda juga bisa mengatur tampilan konten pesan di notifikasi. Pengaturan ini ada di bawah jeda kunci. Jika Anda mengaktifkannya, konten pesan masih bisa terbaca di notifikasi. Jika tidak diaktifkan, Anda hanya dapat mengakses pesan setelah masuk di WhatsApp.

3. Cara kunci WhatsApp menggunakan Touch ID dan Face ID di iOS

Jangan khawatir, pengguna iOS juga bisa menggunakan fungsi kunci. Bedanya, jenis kuncinya akan disesuaikan dengan sistem yang ada di perangkat, yaitu Touch ID atau Face ID. Metode pemasangannya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke WhatsApp > ‘Settings’
  • Pilih menu ‘Account’ lalu masuk ke ‘Privacy’
  • Scroll sampai Anda menemukan pilihan ‘Screen Lock’
  • Nyalakan toggle untuk ‘Require Touch ID/Face ID’

Setelah itu, Anda akan mendapatkan empat opsi jeda waktu. Anda dapat memilih untuk mengunci WhatsApp segera setelah ditutup, setelah 1 menit, 15 menit, dan 1 jam setelah penutupan. Tidak seperti Android, Anda tidak memiliki pengaturan tampilan notifikasi di iOS. Semua pesan masuk masih akan masuk ke notification drawer.

4. Jangan lupa pasang PIN verifikasi di WhatsApp

Selain tugas di atas, Anda juga harus menyetel PIN verifikasi. Ini adalah fitur keamanan WhatsApp yang dapat digunakan untuk melindungi semua data yang tersimpan di dalamnya untuk mencegah orang lain mengaksesnya.

Fitur yang disebut verifikasi dua langkah ini akan meminta PIN secara berkala. Oleh karena itu, ketika orang lain memegang akun Anda, mereka tidak akan dapat masuk. Ini adalah cara mengaturnya di Android dan iOS:

  • Masuklah ke ‘Settings’ kemudian pilih ‘Account’
  • Masuk ke menu ‘Two-step verification’ dan klik ‘Enable’
  • Setelah itu, buatlah 6 digit PIN dan masukkan email untuk melengkapi data.

Baca juga : Fakta Game New Pokemon Snap Yang Jarang Diketahui