Cara Mengosongkan Memori Internal Smartphone Yang Hampir Penuh

Memori internal pada ponsel cepat penuh, atau ruang penyimpanan dalam smartphone terlalu kecil. Pastinya semua pengguna hp android pernah mengalami hal tersebut, terutama pemilik ponsel dengan kapasitas memori internal yang tidak terlalu besar. Kali ini kita akan membahas cara mengosongkan memori internal smartphone, agar kinerja ponsel tidak terlalu berat.

Kita bisa mengosongkan memori internal dengan mudah, tanpa harus melakukan root pada smartphone kita. Hal ini dapat kita lakukan untuk mengatasi memori internal yang hampir penuh, serta bisa menjaga kinerja android agar tetap optimal.

Bila penyimpanan internal sudah hampir penuh, jangankan untuk menyimpan file-file berukuran besar. Untuk menginstal aplikasi ringan saja sudah tidak mencukupi, dan pastinya bisa membuat android mejadi lemot. Maka dari itu mari simak tips memperluas memori internal, tanpa harus root hp kamu.

Cara Mengosongkan Memori Internal Smartphone Tanpa Root

Sebenarnya semua aktifitas yang kita lakukan menggunakan smartphone, baik itu untuk browsing di internet ataupun membuka berbagai macam aplikasi. Semua aktifitas tersebut pada dasarnya dapat meninggalkan file cache, yang dapat membuat memori internal cepat penuh tanpa kita sadari.

Berikut ini akan kita bahas cara mengosongkan ruang penyimpanan internal pada smartphone, agar kinerja ponsel kita tetap optimal.

1. Menghapus aplikasi yang jarang dipakai

aplikasi-bawaan-cara-mengosongkan-memori-internal

Bila smartphone kita memiliki memori penyimpanan yang tidak terlalu besar, kita harus memperhatikan aplikasi apa saja yang sudah kita instal. Jika ada beberapa aplikasi yang jarang digunakan, lebih baik dihapus saja, agar ruang penyimpanan smartphone kita tidak muda penuh.

2. Hapus file cache

Hapus-file-cache-cara-mengosongkan-memori-internal

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa setiap kali kita membuka aplikasi atau browsing melalui ponsel, akan meninggalkan file cache. Terkadang pengguna smartphone kurang mengerti soal ini, dan tanpa disadari file sampah ini akan memenuhi memori internal hp kita.

3. Nonaktifkan aplikasi bawaan

aplikasi-jarang-dipakai-cara-mengosongkan-memori-internal

 

Semua smartphone pastinya sudah dibekali aplikasi bawaan yang disematkan oleh vendor, tidak sedikit juga aplikasi bawaan yang disematkan. Terkadang juga memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga dapat memakan ruang penyimpanan lumayan banyak.

Untuk bisa mengosongkan memori internal dari aplikasi bawaan seperti itu, kita dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut. Tapi terkadang ada aplikasi yang tidak bisa dihapus, maka kita dapat menonaktifkan aplikasi itu, setidaknya cara ini dapat meminimalisir pemakaian memori.

4. Pindahkan file foto dan video ke SD Card

sd-card-cara-mengosongkan-memori-internal

Biasanya memori interal pada smartphone cepat penuh, disebabkan oleh file foto dan video yang dihasilkan kamera ponsel kita. Memang secara default semua file foto dan video dari kamera, akan disimpan pada memori internal. Oleh karena itu kita harus memindahkan file tersebut ke SD Card atau memori eksternal, agar ruang penyimpanan internal tidak cepat penuh.

Sebenarnya tidak sekedar file foto dan video yang bisa kita pindahkan ke SD Card, tapi file musik atau bahkan aplikasi juga bisa kita pindahkan ke memori eskternal. Sehingga ruang penyimpanan internal pada smartphone kita tetap memiliki ruang yang cukup luas.

5. Wipe data / factory reset

factory-reset-cara-mengosongkan-memori-internal

Bila dari keempat cara diatas masih kurang ampuh, dan ruang penyimpanan internal smartphone kita masih tetap penuh. Maka kita bisa melakukan wipe data atau factory reset, agar semua data yang tersembunyi pada sub-sub folder dapat terhapus secara keseluruhan.

Tapi sebelum melakukan factory reset atau wipe data, pastikan dulu kita sudah mem-backup file atau data yang dirasa penting. Seperti kontak telpon, pesan sms atau file lain yang tersimpan di memori internal, karena cara ini akan menghapus semua file dan data yang disimpan pada internal memori.

Itulah cara mengosongkan memori internal smartphone yang hampir penuh tanpa root, agar kita bisa membebaskan ruang penyimpanan internal dari file-file yang tidak berguna. Selain itu, bila memori internal kita masih tersisa ruang yang cukup luas, tentu saja dapat membantu kinerja smartphone agar lebih optimal.