Cara Menghilangkan Iklan YouTube Ketika Menonton

34

Teknobos – Cara Menghilangkan Iklan YouTube Ketika Menonton – Sebagai platform berbagi video atau konten yang bisa ditonton secara gratis, salah satu cara YouTube menghasilkan uang adalah dengan memasang iklan di video pada platformnya. Sayangnya hal ini tidak disukai oleh kebanyakan orang karena dianggap mengganggu.

Cara Menghilangkan Iklan YouTube Ketika Menonton

Selain itu, iklan di YouTube terkadang muncul saat menonton video. Untungnya, ada beberapa metode atau teknik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan iklan di YouTube.

Penasaran? Yuk langsung simak

1. Menambah (dot) di URL video

Menambah (dot) di URL video

Seorang pengguna Reddit menemukan cara yang menarik dan mudah untuk menghapus iklan dari YouTube. Triknya adalah dengan menambahkan (dot) atau “titik” setelah .com dari URL yang akan ditonton. Jadi alih-alih youtube.com/urlvideo, nantinya link yang terpampang di bar URL diubah menjadi youtube.com./urlvideo.

Cara ini dikatakan dapat menghapus semua iklan, termasuk yang biasanya diputar di awal, tengah, dan akhir video. Semua browser (seperti Chrome, Edge, dan Safari) mendukung metode ini, kecuali Firefox, yang akan kembali ke beranda YouTube saat metode ini digunakan.

2. Melalui situs bernama ViewPure

Melalui situs bernama ViewPure

Selain menambahkan (titik) ke URL video yang ingin Anda tonton, Anda juga dapat menonton YouTube tanpa iklan dengan cara lain. Cara ini semudah cara sebelumnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka situs web bernama View Pure lalu menyalin dan menempelkan URL video yang ingin Anda tonton ke kolom yang tersedia. Kemudian klik “Purify” dan tunggu sampai dialihkan ke halaman baru. Proses ini tidak akan memakan waktu lama, jika sudah, Anda dapat langsung menonton video yang Anda inginkan tanpa terganggu oleh iklan.

3. Pasang ekstensi Adblock Plus

Pasang ekstensi Adblock Plus

Jika dua metode pertama mengharuskan Anda melakukan langkah-langkah manual selangkah demi selangkah, ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya secara bersamaan. Namun, metode ini hanya dapat digunakan di browser dengan dukungan tambahan (ekstensi), yang hanya ada di platform PC.

Untuk melakukan ini (untuk Google Chrome dan Microsoft Edge), buka Chrome Web Store dan cari Adblock Plus. Halaman utama Adblock Plus akan ditampilkan, lalu klik “Add to Chrome” dan “Add Extension” di bagian atas. Setelah beberapa saat, Adblock Plus akan dipasang secara otomatis.

4. Pakai browser bebas iklan

Pakai browser bebas iklan

Google Play Store menawarkan banyak browser, seperti Bromite, Brave Browser, Ghostery Privacy Browser dan AVG Browser. Semuanya gratis untuk diunduh dan menyediakan fitur luar biasa, seperti VPN bawaan, pemblokir iklan, pemblokir tracker, mode private browsing, dan sebagainya.

Dengan begitu, browser ini dapat digunakan untuk mengakses YouTube dan menonton video di dalamnya tanpa iklan. Mengingat metode sebelumnya hanya dapat digunakan pada platform PC, maka metode ini merupakan metode lain untuk platform mobile.

5. Berlangganan YouTube Premium

Berlangganan YouTube Premium

Cara menghindari iklan YouTube paling mudah dan lebih baik adalah berlangganan YouTube Premium. YouTube Premium merupakan layanan berbayar resmi dari YouTube yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah tidak adanya iklan.

Dan selain mendukung pemutaran video di background dan mendownload video untuk pemutaran offline, pengguna yang berlangganan YouTube Premium juga bisa mendapatkan akses penuh ke YouTube Music Premium. Yang tertarik bisa mencoba versi trial selama satu bulan, lalu berlangganan setiap bulan Rp. 59.000.