Trik Jitu, 5 Cara Menghemat Kuota Internet 4G, H++, 3G

Cara menghemat kuota internet Tahun ini sepertinya 4G sudah mendominasi jaringan yang banyak dinikmati, berbeda dengan tahun sebelumnya. Terbukti dengan penyedia jaringan di Indonesia tengah berlomba-lomba menyediakan layanan koneksi internet dengan jaringan tercepatnya, yaitu 4G.

Kehebatan jaringan internet 4G pun semakin tinggi, didukung dengan banyaknya vendor gadget yang merilis ponsel berkemampuan 4G dengan harga yang terjangkau pula.

Namun, walau menawarkan koneksi yang super cepat, jaringan 4G terkadang dapat membuat dompet kamu cepat ‘bolong’ dengan banyaknya kuota atau bandwidth yang dikonsumsi dan harus diisi. Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini cara menghemat kuota internet 4G.

Cara Menghemat Kuota Internet 4G di Smartphone android

 

1. Matikan Sinkronisasi

cara-menghemat-kuota

Selain bermain game online dan berselancar di Internet, penggunaan data 4G akan semakin terasa boros dengan adanya banyak aplikasi yang terhebung ke Internet. Oleh karena itu, untuk menghemat kuota internet pada smartphone, matikan fitur sinkronisasi aplikasi-aplikasi yang memang jarang digunakan.

2. Gunakan Fitur “Data Saver” Secara Maksimal

cara-menghemat-kuota

Ada yang belum tau Data Saver? yaps, benar sekali. Kebanyakan mayoritas pengguna android, menggunakan browser Google Chrom untuk berselancar di Internet. Oleh karena itu, untuk membantu para penggunanya lebih hemat saat berselancar di Internet, Google menyelipkan fitur keren berteknologi canggi canggih yang disebut mode Data Saver. Google pun mengklaim bahwa fitur ini memang mampu menghemat kuota Internet hingga 50%.

3. Perhatikan Data Usage Warning

cara-menghemat-kuota

Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi android KitKat, tapi kali ini hampir semua smartphone android sidah menggunakan fitur yang diberinama “Data Usage Warning”. Dengan mengaktifkan fitur ini, kalian akan diberikan peringatan saat penggunaan kuota internet mendekati batas yang sudah kalian atur sebelumnya.

4. Restrict Background Data

cara-menghemat-kuota

Fitur ini hampir sama dengan poin pertama, mulai dari cara kerja dan hasilnya. Akan tetapi, pada fitur ini akan “mematikan” beberapa aplikasi yang memang tidak dijalankan. Selain itu, kekurangan pada fitur ini adalah: aplikasi yang dimatikan tidak akan mengirimkan notifikasi apapun ketika tidak dijalankan.

5. Gunakan Wi-Fi Ketika Update

cara-menghemat-kuota

Sebagian orang beranggapan bahwa Google Play Store menjadi alasan kenapa kuota internet cepat habis, terutama ketika telah melakukan update aplikasi. untuk itu, kalian dapat mengakalinya dengan mematikan fitur ini, kalian bisa memberi centang pilihan untuk hanya meng-update aplikasi secara otomatis saat terhubung dengan Wi-Fi saja.

 

Tips