Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan

29

TeknobosCara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan – Tidak bisa dipungkiri bahwa internet kini telah menjadi salah satu kebutuhan dasar para milenial dan Generasi Z. Setiap bulan, Anda perlu mengalokasikan sebagian dari uang belanja untuk membeli kuota.

Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan

Apalagi pada masa pandemi ini, pengeluaran kuota bisa jadi lebih besar untuk menampung kegiatan keluarga dan belajar di rumah. Jika penggunaan internet Anda tidak terkontrol, biaya pembelian bulanan kuota akan meningkat.

Oleh karena itu, Anda perlu mengambil berbagai langkah agar masuk akal. Berikut beberapa cara untuk membantu Anda menghemat anggaran internet di rumah!

1. Pertimbangkan untuk memasang Wi-Fi

Jika semua anggota keluarga dalam rumah menggunakan Internet setiap hari, coba hitung total biaya kuota bulanan. Kemudian, jika Anda memasang Wi-Fi di rumah, coba bandingkan dengan biayanya.

Jika biayanya tidak jauh berbeda, maka tidak salah untuk mempertimbangkan memasang Wi-Fi, agar internet lebih memuaskan dan tetap irit!

2. Pakai provider internet yang murah tapi dapat diandalkan

Terkadang, seperti saat tempat tinggal tidak tercakup oleh jaringan Wi-Fi, atau saat penggunaan kuota Anda tidak terlalu tinggi, Anda tidak dapat memilih untuk memasang Wi-Fi.

Jika demikian, memilih penyedia ponsel yang tepat adalah kunci untuk mengontrol anggaran. Hindari memilih pemasok yang murah. Jaringan juga harus dapat diandalkan!

Coba bandingkan biaya per penggunaan antara satu penyedia dan lainnya. Pilih jaringan tercepat dengan biaya per GB terendah. Selain itu silahkan pilih kuota yang tidak dibagi agar tidak mubazir.

3. Pantau berapa pemakaian kuotamu setiap bulan

Ponsel cerdas Anda dapat merekam penggunaan kuota bulanan Anda. Informasi ini biasanya terdapat di menu “Penggunaan Data” di setelan Android atau menu “Seluler” di iOS.

Di sini Anda dapat menemukan penggunaan keseluruhan dari seluruh kuota termasuk Hotspot dan penggunaan kuota setiap aplikasi. Berdasarkan informasi tersebut, Anda juga dapat memperkirakan berapa banyak kuota yang Anda butuhkan setiap bulannya.

4. Hapus aplikasi yang jarang kamu pakai dan batasi penggunaannya

Ternyata aplikasi tidak hanya menempati kuota saat digunakan, tetapi banyak aplikasi yang terus menggunakan Internet di latar belakang. Oleh karena itu, sebaiknya hapus aplikasi yang jarang digunakan.

Selain itu, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi favorit melalui fungsi Digital Wellbeing di smartphone Android berbagai merek. Fitur ini membantu Anda menerapkan pembatasan penggunaan wajar dalam satu hari.

Baca juga : Aplikasi Terbaik Play Store Tahun 2020