Menghasilkan Uang Dari YouTube, Cara Mudah Nambahin Uang Jajan

Saat ini banyak sekali orang yan ingin mencoba peruntungan menjadi kontributor pada situs YouTube, mereka berharap untuk bisa menghasilkan uang dari situ. Sebenarnya menghasilkan uang dari YouTube bisa dikatakan susah-susah gampang. Sebab ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mitra YouTube.

Bukanya tidak mungkin untuk bisa menghasilkan uang dari internet sekarang ini, tapi kita harus bersaing dengan para kontributor YouTube lainnya. Yang sudah pasti mereka lebih berpengalaman, dan sudah memiliki subsciber tetap dengan jumlah cukup banyak.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Para YouTuber diharuskan untuk bisa membuat video sendiri dan harus orisinil, bukan hasil menjiplak karya orang lain. Nantinya video yang sudah mereka buat itu harus diunggah ke YouTube, agar banyak orang yang bisa menyaksikannya.

Kita bisa membuat bergabagai macam video, seperti video musik, tutorial memasak, ulasan smartphone, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi harus diingat adalah, konten video buatan kita, harus memiliki informasi yang bermanfaat, agar banyak peminatnya.

cara-menghasilkan-uang-dari-youtube

Apabila sudah memiliki beberapa konten video di channel YouTube, kita belum bisa menghasilkan uang begitu saja. Kita harus monetize dulu semua video yang terdapat pada channel kita, agar nantinya Google dapat menyematkan iklan ke dalam konten video buatan kita.

Mungkin beberapa dari kita masih ada yang belum mengerti, apa itu monetize. Sedikit penjelasan, video monetize atau monetisasi video artinya membuat konten video buatan kita bisa menghasilkan uang. Jadi setiap kali orang lain menonton video YouTube kita, bisa menghasilkan uang tiap kali video itu ditayangkan.

Dengan memonetisasi video di channel kita, itu artinya kita mengizinkan para pengiklan untuk menyematkan iklan ke dalam konten video buatan kita. Hal ini bisa dibilang simbiosis mutualisme, karena sama-sama saling mneguntungkan bagi pemilik channel ataupun pengiklan.

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan, agar kita dapat menghasilkan rupiah dari youTube, berikut ini langkah-langkah dan sedikit penjelasanya:

1. Mendaftar sebagai mitra YouTube

mitra-YouTube-menghasilkan-uang-dari-youtube

Langkah awal untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube adalah, dengan mendaftar menjadi mitra YouTube. Agar kita bisa mendapatkan uang setiap kali video kita disaksikan orang lain. Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar sebagai mitra YouTube:

  • Masuk ke akun Youtube
  • Klik avatar > Creator Studio, yang terdapat di pojok kanan atas
  • Pada panel sebelah kiri pilih Channel > Monetize
  • Pada halaman monetisasi, klik aktifkan akun saya
  • Kemudian akan muncul persyaratan untuk menjadi mitra YouTube, kita tinggal ikuti langkah-langkahnya saja

2.  Membuat akun Google Adsense

menghasilkan-uang-dari-youtube

 

Nantinya ditengah-tengah pendaftaran sebagai mitra YouTube, kita akan diminta untuk memasukan id Google Adsense. Untuk itu kita harus membuat akunnya terlebih dahulu, agar bisa melanjutkan proses monetisasi channel YouTube milik kita. Akun Adsense kita nantinya akan diintegrasikan dengan channel YouTube kita.

3. Monetisasi video

monetize-menghasilkan-uang-dari-youtube

Bila semua langkah di atas sudah dilakukan, langkah terakhir adalah menentukan video mana yang akan kita monetisasi. Kita juga bisa menentukan format iklan yang akan disematkan ke dalam video kita, seperti iklan bergambar, iklan terawang, iklan yang bisa dilompati dan iklan yang tidak bisa dilompati.

Itulah langkah-langkah dan cara untuk bisa menghasilkan uang dari YouTube, dengan cara memonetisasi video yang terdapat di channel kita. Jika kita membuat channel yang bersifat personal seperti diary atau vlog, mungkin rupiah yang kita bisa dapatkan tidak terlalu banyak.

Berbeda bila para artis terkenal yang membuat channel YouTube, pastinya bisa mendapat rupiah lebih banyak. Hal itu dikarenakan mereka bisa dengan mudah mendapatkan subscriber yang banyak tanpa harus susah payah promosi.

Yang perlu diingat adalah, pendapatan dari YouTube tidak bisa dicairkan bila belum mencapai $100 dolar. Dan bila sudah mencapai angka tersebut kita baru bisa memasukan data rekening, sebagai media pencairan dana yang kita hasilkan.