Cara Mengetahui Apakah HP Kamu Disadap Atau Tidak

Beberapa waktu lalu terdengar kabar, terjadi penyadapan terhadap perangkat ponsel miliki salah satu petinggi negara kita. Tentu saja hal tersebut membuat kalangan masyarakat juga takut ponselnya disadap, oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bila kamu juga kamu merasa takut hp kamu disadap, ada kode rahasia smartphone yang bisa digunakan untuk mengetahui, serta menghentikan penyadapan terhadap perangkat smartphone milikmu.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, penyadan terhadap smartphone sangatlah mudah untuk dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penyadapan, bahkan dengan menggunakan aplikasi android. Namun penyadapan tersebut bisa dihentikan oleh kita sendiri, tanpa harus repot menghubungi pihak provider selular yang kita gunakan. Karena saat ini perangkat smartphone sudah memiliki sistem untuk mendeteksi adanya penyadapan atau tidak, sehingga bisa meminimalisir terjadinya kebocoran informasi pribadi milik kita.

Cara Mengetahui Panggilan Pada HP Kamu Disadap Atau Tidak

Untuk mengetahui dan menghentikan penyadapan hp, sebenarnya bisa dilakukan menggunakan kode rahasia pada smartphone. Bahkan tidak diperlukan izin khusus untuk melakukannya, dan bisa dilakukan dengan sangat cepat. Berikut penjelasan dari kode rahasia tersebut:

1.Kode untuk memeriksa adanya penyadapan: *#21#

hp-disadap

Untuk mengetahui adanya penyadapan atau tidak pada perangkat selular kamu, kamu bisa gunakan kode *#21# pada panggilan telepon. Setelah kode MMI berjalan maka akan muncul rincian, apakah ada panggilan atau SMS yang dialihkan atau tidak.

Bila kamu merasa tidak mengaktifkan pengalihan panggilan, sementara rincian tadi menyebutkan adanya pengalihan, maka kamu patut curiga ada yang menyadap hp kamu. Tapi bila rincian yang muncul seperti gambar diatas, tidak terdapat pengalihan penggilan serta SMS, berarti hp kamu aman dari penyadapan.

2.Kode untuk menghentikan penyadapan: ##002#

hp-kamu-disadap

Setelah mengetahui adanya panggilan yang dialihkan, sementara kamu tidak pernah mengaktifkan fitur itu, langkah berikutnya kamu harus menghentikan pengalihan tersebut. Kamu bisa periksa terlebih dahulu pada pengaturan panggilan, atau langsung menggunakan kode ##002# pada panggilan telepon.

Kode MMI tersebut nantinya akan berjalan dan menampilkan pesan, yang berisi bahwa semua pengalihan panggilan telah dihapus. Untuk memastikan tidak terjadi penyadapan lagi pada hp milikmu di kemudian hari, kamu bisa menggunakan lagi kode rahasia smartphone tersebut.

pencurian data pada ponsel
Baca juga:
Pencurian Data Pada Ponsel Android, Inilah Cara Mencegahnya

Demikan tadi cara untuk mengetahui hp kamu disadap atau tidak, dengan menggunakan kode rahasia pada smartphone. Sehingga dapat melindungi privasi kita sebagai pengguna perangkat selular, dari kejahatan oknum penyadap yang tidak bertanggung jawab. Karena di era teknologi maju seperti sekarang ini, sangat banyak pelaku kejahatan yang mengincar para pengguna smartphone, untuk itu kita harus bisa mencegah terjadinya tindak kejahatan semacam itu.