Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Pada Komputer

576

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan dokumen dan sedang mencari bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus di komputer? Kehilangan data atau dokumen penting baik karena virus ataupun tidak sengaja terhapus memanglah menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Perlu Anda ketahui, bahwa data atau dokumen yang terhapus komputer sebenarnya tidaklah benar-benar hilang dari komputer. Namun untuk mengembalikan data tersebut memang membutuhkan sedikit usaha.

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Pada Komputer

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus - Tips

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa mengembalikan data yang hilang sesuai dengan kondisi yang terjadi pada komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan berikut ini !

  1. Mengecek folder Recycle Bin

Saat ada file di windows terhapus, sebenarnya file tersebut tidak benar-benar hilang dari komputer, namun windows menampungnya di folder Recycle Bin. Recycle Bin adalah salah satu fitur bawaan yang secara otomatis akan terpasang pada komputer. Cara memunculkan kembali data yang ada di Recycle Bin cukup mudah, hanya dengan klik kanan kemudian pilih Restore. Dengan begitu data tersebut akan kembali ke tempat awal di mana data tersebut disimpan.

  1. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Jika ternyata di Recycle Bin tidak ditemukan data yang sudah terhapus, maka salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa memunculkannya kembali adalah dengan menggunakan fitur  Restore Previous Versions. Cara ini bisa dengan mudah Anda gunakan karena tidak perlu menginstal program khusus untuk recovery file.

Caranya,, buka folder di laman data yang sudah terhapus, kemudian klik kanan dan pilih Restore Previous Versions. Jika sudah terbuka pilih tab Previous Versions, selanjutnya pilih folder terakhir yang ingin direstore dan restore ke tempat terakhir sebelum data Anda terhapus.

  1. Menggunakan Software khusus

Jika dengan menggunakan Recycle Bin dan Fitur Restore Previous Versions juga tidak bisa mengembalikan data Anda, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software khusus recovery data. Anda bisa menggunakan beberapa pilihan software yang bisa digunakan secara gratis ataupun yang berbayar. Beberapa pilihan software yang bisa Anda gunakan di antaranya Recuva, Minitool Partition Recovery, Wise Data Recovery dan PC Inspector File Recovery.

Setelah mengetahui beberapa cara mengembalikan data yang terhapus, mulai sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir jika suatu saat mendapati data atau dokumen penting yang tidak sengaja terhapus di computer Anda.

Baca juga tips komputer lainnya.