Cara Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer

Beberapa hari yang lalu dunia dibuat heboh dan panik dengan adanya virus ransomware. Virus ini dapat menyerang semua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Tidak tanggung-tanggung, beberapa kasus serangan virus ini sudah menginfeksi banyak komputer di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Sebelumnya dua rumah sakit di Jakarta dikabarkan mengalami serangan virus ransomware jenis wanna cry, yakni RS Dharmais dan RS Harapan Kita. Tapi setelah dikonfirmasi, ternyata hanya RS Dharmais saja yang benar-benar diserang virus ini.

Virus ransomware jenis wanna cry sendiri memiliki konsep, menyandera file-file yang terdapat pada sebuah komputer. Kemudian data-data tersebut akan dienkripsi, sehingga pemilik komputer tidak akan bisa mengakses file miliknya. Lalu si pemilik virus akan meminta sejumlah uang tebusan, jika pemilik komputer ingin filenya dikembalikan lagi.

Cara Ampuh Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer

Jenis virus wanna cry ini memang cukup sulit untuk diatasi, belum ada orang yang bisa mengatasi virus tersebut dengan pasti. Tapi sudah banyak orang yang mencoba beberapa metode, untuk mengatasi virus ransomware wanna cry itu.

Terkait cara untuk meminimalisir efek negatif dari virus ransomware tersebut, kali ini kita akan membahas cara ampuh mengatasi virus ransomware pada komputer.

1. Lakukan backup data secara berkala

backup Cara Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer
source: krollontrackblog

Virus ransomware jenis wanna cry akan menyandera dan mengenkripsi file-file pada komputer korban. Untuk mencegah kemungkinan terburuk yang terjadi pada file-file kita, ada baiknya kita melakukan backup data secara berkala. Jadi bila komputer kita terserang virus tersebut, setidaknya kita masih memiliki file backup yang tersimpan di media penyimpanan lain.

2. Backup data ke cloud storage

cloud storage Cara Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer
source: huawei

Selain melakukan backup data ke media penyimpanan lain seperti hardisk eksternal, ada baiknya kita juga memanfaatkan cloud storage untuk membackup data. Media penyimpanan berbasis cloud sangat aman dari serangan virus, karena sistem pengamanannya sudah sangat terjamin. Selain itu, biasanya file yang disimpan pada cloud storage juga akan dienkripsi, sehingga peretas tidak mudah untuk mendapatkan file tersebut.

3. Hindari membuka sembarang email

email Cara Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer
source: marketingland

Mencegah serangan virus rasnsomware, memang membutuhkan kewaspadaan tingkat tinggi. Karena hacker dapat membuat pesan email yang disusupkan script-script aneh, yang bisa membuat korban ingin membuka email tersebut. Untuk itulah, hindari membuka sembarang email, pastikan terlebih dahulu identitas si pengirim email sebelum membukanya.

4. Jangan download software yang tak jelas

download Cara Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer
source: cmb

Software yang sering kita download di internet, juga bisa menjadi media masuknya virus ransomware ke dalam komputer. Untuk itu kita jangan pernah mendownload software-software yang tidak jelas dari internet. Karena dikhawatirkan, software tersebut sudah disematkan virus oleh hacker sebelum diunggah.

5. Rajin update software dan sistem operasi yang terbaru

update Cara Mengatasi Virus Ransomware Pada Komputer
source: shawnkostiuk

Sebenarnya melakukan update software ataupun sistem operasi, sangat berguna untuk keamanan komputer kita. Karena dari pembaruan yang dilakukan, dapat meningkatkan sistem keamanan komputer. Hal itu dikarenakan, setiap kali pembaruan software dilakukan, pastinya pengembang akan menambahkan tingkat keamanan software itu sendiri. Agar software ataupun sistem operasi tersebut tidak mudah terserang virus seperti trojan, malware dan virus ransomware.

Itulah cara ampuh mengatasi virus ransomware pada komputer. Sebenarnya untuk mengatasi virus di komputer, bisa dilakukan dengan melakukan instal ulang. Tapi konsekuensinya, file yang belum sempat dibackup akan ikut terhapus, dan inilah gunanya melakukan backup data secara berkala.

Dalam melakukan instal ulang pada komputer juga harus dipastikan, bahwa OS yang digunakan merupakan OS original dan terbaru. Untuk mendapatkan OS Windows original gratis, silahkan baca artikel cara download ISO Windows 10 original dari Microsoft.

87%
Awesome
  • Topik
  • Informasi
  • Menarik

You might also like More from author

Comments