Cara Memperbaiki Touchscreen Macet di Android

Tips Mengatasi Touchscreen Macet – Bagi sebagian orang ponsel sudah menjadi pelengkap hidup dari berbagai kalangan mulai dari kalangan bawah maupun dari kalangan atas. Pada zaman sekarang ponsel sudah menjadi barang yang menyatu dengan jiwa mereka bahkan dari sebagian mereka sudah tergantung dengan handphone.

Peran ponsel Android tentu sangat penting dalam kehidupan sehari hari kita baik didalam rumah ataupun ketika kita bekerja atau sedang berada diluar kantor. Seperti kita ketahui bahwa Android ini mempunyai aplikasi yang lengkap dan harga yang terjangkau.

Android juga bisa sebagai media bisnis jika kamu memiliki bisnis Online seperti baju, sepatu, elektronik dan lain-lain pasti yang akan kamu gunakan ponsel Android sebagai media nya.

Tetapi, bagaimana jika Android kamu mengalami kerusakan pada layar sentuh (touchscreen)? pastinya akan menjadi kendala buat kamu saat menggunakan ponsel Android. Disini Teknobos akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi touchscreen macet.

Cara Memperbaiki Touchscreen Macet pada Smartphone:

  •  Bebaskan RAM

ram-android

Ram adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Nah, salah satu penyebab layar sentuh tidak merespon atau sering macet salah satunya karena RAM sudah terlalu terbebani.

Jumlah aplikasi dan game yang terlalu banyak atau kapasitas RAM yang terlalu kecil itu yang membuat ponsel Android tidak berfungsi. Hapuslah beberapa aplikasi atau game yang kamu rasa kurang penting dan sudah tidak lagi kamu gunakan. Langkah kedua gunakan aplikasi Task Manager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan dalam Smartphone kamu.

  • Ganti Launcher

launcher-android

Saat menggunakan ponsel pintar berbasis Android, mungkin salah satu hal yang pasti kamu lakukan adalah merubah tampilan Android menjadi tampilan baru. Pertimbangkanlah untuk mengganti launcher kamu, misalnya dengan memasang Apex Launcher, Go Launcher, atau launcher lain yang menurut kamu menarik.

  • Gunakan Kalibrasi

kalibrasi-android

Untuk mengatur dan mengatasi kalibrasi pada layar sentuh ponsel Android kamu yang tidak berfungsi bagus maupun terlalu cepat merespon ikuti tips dibawah ini:

  1. Masuk ke menu display settings.
  2. Lokasi pengaturan pada setiap produk smartphone itu berbeda. Atur ulanglah kalibrasi yang ada pada pengaturannya. Sebagai pilihan alternatif, kamu jangan aktifkan fitur Auto Rotation.
  3. Apabila pengaturan kalibrasi pada ponsel Android kamu tidak seperti yang diharapkan di bagian display settings. Maka pasanglah aplikasi SwiftKey Keyboard. Pada aplikasi tersebut ada sebuah pengaturan yang bernama Touch Input, dengan aplikasi ini kamu bisa atur ulang kalibrasi ponsel Anda.
  • Restart Perangkat Android

restart-android

Restart lah Smartphone kamu karena dipercaya dapat membetulkan berbagai permasalahan, bahkan pada perangkat Windows dan iOS pun hal tersebut adalah jurus terakhir dalam mengatasi permasalahan pada layar sentuh (touchscreen) yang macet.

Nah, diatas adalah beberapa cara agar Smartphone kamu dapat berfungsi kembali dari layar sentuh yang tidak merespon. Semoga dapat bermanfaat dan membuat layar ponsel (touchscreen) macet kamu dapat kembali normal kembali.