Cara Mengatasi SD Card Rusak Atau Sulit Terdeteksi

Bagi pengguna smartphone pastinya sering mengalami masalah pada SD card miliknnya. Baik itu tidak terbaca pada perangkat android, ataupun SD Card rusak. Tentu akan sangat merepotkan bukan, karena dikhawatirkan data yang kita miliki hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Tentu saja bila kartu memori pada ponsel kita sudah rusak, kita akan berfikir untuk membeli yang baru saja. Tapi jangan terburu buru untuk membuang SD Card yang rusak. Karena belum tentu kartu memori tersebut benar benar rusak, dan masih bisa diperbaiki serta dapat digunakan kembali.

Untuk itulah kita akan membahas beberapa cara untuk memperbaiki SD card yang rusak. Sehingga dapat digunakan kembali, tanpa harus membeli yang baru lagi. Agar lebih menghemat pengeluaran kita juga tentunya.

Cara Memperbaiki SD Card Rusak

Kali ini kita akan membahas beberapa cara, yang bisa digunakan untuk memperbaiki SD card yang tidak terbaca atau rusak.

1. Membersihkan kartu memori

bersihkan-sd-card-rusak

  • Pertolongan pertama terhadap kartu memori yang tidak terdeteksi adalah, melepas memory card tersebut dari perangkat android kamu. Tapi pastikan terlebih dahulu ponselmu sudah dalam posisi mati, agar tidak menambah kerusakan pada SD card.
  • Bersihkanlah plat kuningan pada bagian bawah kartu memori menggunakan pengahapus pensil yang berwarna putih. Gosok secara perlahan hingga lempengan kuningannya bersih.
  • Bila suda dipastikan platnya bersih, coba pasang kembali SD card tersebut kedalam ponsel android kamu. Kemudian dicek lagi apa kartu memorinya sudah terdeteksi atau belum.

2.Memformat memory card melalui android

android-sd-card-rusak

  • Bila cara pertama masih belum berhasil, coba lakukan format kartu memori menggunakan ponsel android kamu.
  • Masuk menu Setting > Storage untuk melihat informasi detail dari kartu memori kamu.
  • Kemudian pilih Erase Eksternal Storage Device
  • Semua data pada SD card kamu akan dihapus, dan ruang penyimpanannya akan menjadi kosong seperti baru.

3.Cek kerusakan melalui PC

cek-sd-card-rusak-dari-pc

  • Pertama hubungkan terlebih dahulu smartphone android kamu pada komputer dengan kabel data, pastikan hp Android kamu terhubung pada PC pada mode Mass storage mode (MSC) bukan Media transfer mode (MTP).
  • Cara lainnya kamu bisa melepaskan kartu memorinya lalu hubungkan ke PC menggunakan adaptor, cara ini lebih aman dibanding menggunakan kabel data yang sering kendor.
  • Bila sudah terhubung dengan PC kemudian buka Windows Explorer. Klik kanan pada Drive SD card kamu, lalu pilih menu Properties > Tools > Error Checking. Biarkan prosesnya berjalan dan tunggu hingga semua proses selesai.

4.Format SD Card melalui PC

format-sd-card-dari-pc

Jika memory card terlihat baik-baik saja dan tidak ada masalah saat dihubungkan ke PC, namun ketika dimasukan kedalam perangkat android kartu memori tersebut tidak terdeteksi. Coba gunakan cara berikut ini:

  • Copy terlebih dahulu semua data pada SD card ke PC kamu, buat folder baru untuk menempatkan semua file tersebut. Proses ini bisa dikatakan juga membuat Backup File dari isi kartu memori kamu.
  • Setelah semua data dicopy, kemudian coba format memory Card itu dari komputer kamu.
  • Bila proses formatnya sudah selesai coba masukan lagi SD card tersebut ke ponsel androidmu.
  • Bila kartu memori kamu sudah bisa terdeteksi, barulah kamu kembalikan lagi file yang tadi sudah kamu backup.

Terlalu sering melepas dan memasang kembali SD Card dapat memicu kerusakan pada lempengan kuningan dari kartu memori tersebut.

Jika masih belum bisa terdeteksi, kemungkinan memang dari hardware dari SD card itu sudah rusak. Karena langkah diatas hanya bisa diterpakan bila kerusakan masih bersifat software. Bila chips dalam kartu memorinya yang rusak, maka kamu terpaksa harus membeli yang baru. Demikian tips untuk bagaimana cara memperbaiki SD card rusak, semoga bermanfaat.