Cara Mengatasi Program Not Responding Pada Windows 10

Pastinya pengguna komputer sering mengalami not responding pada program yang sedang dijalankan. Hal itu dikarenakan terlalu banyak menjalankan program dalam waktu bersamaan. Untuk itulah kali ini kita akan membahas cara mengatasi program not responding pada windows 10.

Ketika program yang sedang kita jalankan berhenti bekerja, tentu saja akan menjadi momen yang menyebalkan. Karena dapat membuat komputer kita juga berhenti berjalan, dan tidak akan bisa dioperasikan untuk beberapa saat. Bagi kamu yang masih bingung cara mengatasi program not responding seperti itu, berikut ini tips dan caranya.

Tips Mengatasi Program Not Responding

Pada dasarnya program berhenti berjalan secara tiba-tiba, dikarenakan aktifitas RAM dan CPU yang berlebih. Hal ini disebabkan oleh banyaknya program yang dibuka dalam waktu bersamaan. Bila kapasitas RAM dan CPU komputer terlalu kecil, namun dipaksakan untuk membuka banyak program, maka program-program tersebut akan berhenti berjalan.

Task Manager Cara Mengatasi Program Not Responding

Agar dapat terhindar dari masalah komputer seperti ini, ada baiknya kita tidak terlalu banyak membuka program dalam satu waktu. Kita harus mengingat kapasitas RAM dan CPU dari komputer kita, bila ingin membuka banyak program. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cara mengatasi program not responding pada komputer atau laptop.

  1. Langkah pertama untuk mengatasi program not responding pada komputer, tekan tombol CTRL + ALT + DEL pada keyboard secara bersamaan.
  2. Kombinasi tombol tadi berfungsi untuk menampilkan beberapa opsi, yaitu Lock, Switch User, Sign Out, Change a Password, dan Task Manager.
  3. Kemudian kita pilih opsi Task Manager, jendela ini akan menampilkan semua program yang sedang dijalankan.
  4. Selanjutnya kita tinggal cari program yang berhenti bekerja, program tersebut biasanya ditandai dengan kata Not Responding.
  5. Bila program yang berhenti bekerja sudah ditemukan, kemudian klik kanan pada program tersebut.
  6. Nantinya akan muncul kembali beberapa opsi, lalu pilih opsi End Task.
  7. Dengan opsi End Task tadi, maka program not responding tersebut akan ditutup secara paksa.
  8. Terakhir, kita bisa tutup jendela Task Manager.

Itulah tips cara mengatasi program not responding pada windows 10, yang bisa membantu kita menutup program komputer secara paksa. Berbeda dengan windows 10, pada windows 7 kebawah, kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL dapat langsung membuka jendela Task Manager.

Bila kamu mengalami masalah komputer atau laptop sering mati sendiri secara tiba-tiba, jangan ragu untuk membaca artikel cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri.