Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Bagaimana cara mengatasi laptop sering mati sendiri? Apa penyebab laptop yang sering mati mendadak? Tentu mayoritas pengguna laptop dan komputer pernah mempertanyakan hal semacam ini. Karena baik itu komputer, memang memiliki masalah yang hampir sama antara keduanya.

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah membahas penyebab laptop sering mati sendiri secara tiba-tiba. Untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, ada baiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga lebih mudah untuk mengatasi permasalahan laptop yang sering mati sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Agar dapat mengatasi laptop yang sering mati seperti ini, ada baiknya kita mengetahui sebab musababnya dahulu. Berikut ini beberapa penyebab laptop yang sering mati mendadak:

  • Suhu laptop terlalu panas
  • RAM laptop kotor atau berdebu
  • Pasta prosesor kering
  • Mainboard bermasalah
  • Baterai bermasalah atau bocor

Cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri

penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri
source: yimg

Dari penyebab laptop sering mati sendiri yang ada di atas, kita bisa menentukan cara untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri:

  1. Bila laptop sering mati dikarenakan suhunya yang terlalu panas, kita bisa memasang cool pada pada bagian bawah laptop.
  2. Apabila laptop sering mati sendiri, bisa jadi karena RAM-nya kotor atau berdebu. Untuk itu, kita bisa mencoba membersihkan pin kuningan dari RAM tersebut menggunakan penghapus karet.
  3. Ketika laptop sering mati, coba periksa prosesor-nya terlebih dahulu, karena dikhawatirkan pasta prosesornya kering. Bila sudah kering seperti itu, maka kita harus memberikan lagi pastanya, karena pasta ini berfungsi untuk menstabilkan suhu prosesor itu sendiri. Jangan sekali-kali menggunakan pasta gigi, sebagai pengganti pasta prosesor.
  4. Penyebab lain dari laptop yang sering mati mendadak adalah, terjadi masalah pada mainboardnya. Bila masalah pada mainboard dikarenakan adanya korsleting pada sirkuitnya, lebih baik diganti mainboard atau motherboard yang baru.
  5. Laptop sering mati juga bisa disebabkan oleh baterai yang bermasalah atau bocor. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan kalibrasi baterai laptop terlebih dahulu. Bila setelah dikalibrasi ternyata baterainya sudah bocor dan tidak bisa diperbaiki, maka langkah terakhir kita harus menggantinya dengan baterai yang baru.

Itulah 5 penyebab dan cara mengatasi laptop sering mati sendiri ketika sedang digunakan. Untuk mencari tahu cara mengatasi laptop sering mati sendiri, ada baiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Masalah yang sering terjadi pada laptop ini memang cukup membingungkan pengguna yang tergolong awam. Untuk itu, bagi kamu yang masih binggung, kenapa laptop sering mati sendiri, kamu bisa simak artikel penyebab laptop sering mati sendiri.