Teknobos
Tech in Touch

Cara Mengatasi Hp Terkena Air Hujan, Lakukan Pertolongan Pertama Dengan Cepat

Cara Mengatasi Hp Kena Air – Masalah ini jangan kamu anggap sepele dan harus cepat-cepat dilakukan penanganan serius. Karena pastinya kamu tau sendiri kan, kalau air adalah masalah serius buat barang elektronik apa lagi bagi hp dan smartphone. Sebelum nantinya kerusakan bertambah semakin parah bahkan sampai mati total, kamu harus melakukan cara mengatasi hp terkena air ini dengan cepat.

Kemungkinan ponsel akan kembali normal setelah terkena air memang sangat kecil, karena beberapa komponen pada ponsel memang sangat sensitif bila terkena air. Berbeda dengan Smartphone yang memiliki fitur Water Resistant (tahan air), pastinya akan sangat santai karena memang fitur tersebut memang digunakan untuk menahan air masuk kedalam Hp Android.

Tetapi bagaimana jika kamu tidak memiliki fitur tahan ait tersebut, kamu juga jangan panik saat mengalami kejadian ini. Harus tenang dan ikuti semua langkah dengan benar semoga saja Hp kamu dapat kembali normal. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi Hp terkena air, kamu juga harus tau kerusakan apa saja yang terjadi bila Smartphone kamu kena air.

ponsel-terkena-air-hujan

Kerusakan Apabila Handphone Terkena Air

Inilah yang bakalan terjadi jika Smartphone kamu terkena air, kerusakan seperti ini yang biasa terjadi :

  • Handphone mati total
  • Hp bisa menyala tetapi tidak normal (aplikasi tidak bisa di pilih)
  • Layar Hp Blank (layar hanya nyala warna putih)

Beberapa gejala yang biasanya terjadi pada ponsel Android yang sudah terkena oleh air, baik itu air hujan atau air laut. Jadi harus segera di tangani dengan cepat sebelum terjadi kerusakan yang parah.

Cara Mengatasi Hp Android yang Terkena Air:

Dalam mengatasi kasus seperti ini tindakan kamu harus cepat, sigap dan tanggap untuk memperbaiki Smartphone kamu yang terkena air. Jangan mengambil resiko dengan langsung menjemur nya pada sinar matahari karena itu akan menyebabkan kerusakan vatal yang terjadi.

Langkah pertama mengatasi ponsel Android kena air:

Matikan Handphone

matikan-ponsel

Saat ponsel kamu terkena air hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mematikan daya Hp kamu. Segera mematikan ponsel, mencabut baterai, simcard dan memory card. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah ponsel kamu mengalami korsleting.

Melepaskan Baterai, Sim Card, dan Memory

lepaskan-perangkat-ponsel

Saat posisi Hp kamu mati dan tidak nyala, maka segera cabut perakat yang menempel pada ponsel seperti baterai, sim card dan memory ponsel. Melepas baterai membuat ponsel lebih aman karena betul-betul menghentikan aliran listrik yang mungkin terjadi di dalam ponsel.

Segera Keringkan Ponsel

mengelap-ponsel

Apabila ponsel kamu masih basah, lalu silahkan kamu mengelapnya sampai benar-benar kering. Mulailah mengeringkan bagian dalam ponsel dengan tisu atau kain kering. Hindari menggunakan Hairdryer yang bisa merusak komponen dalam Smartphone.

Manfaatkan Beras

rendam-ponsel-diberas

Bila sudah benar-benar kering dengan kain atau tisu, kamu dapat mengeringkan bagian dalam menggunakan gel silica yang sangat efektif menyerap air. Bila tidak ditemukan gel silica, pengguna juga bisa memanfaatkan beras yang ada dirumah kamu.

Caranya, masukan ponsel dan baterai yang basah ke dalam plastik atau toples, kemudian isi dengan beras sampai penuh. Diamkan minimal selama satu sampai dua hari tergantung pada berapa lama Hp tersebut terendam air dan seberapa cepat kalian menangani Smartphone tersebut. Beras mempunyai manfaat yang dapat menyerap air yang ada di dalam perangkat Hp kamu sampai yang berada di dalamnya.

Pasang Kembali Ponsel Android

Setelah proses pengeringan selesai, sekarang kamu rakit kembali komponen yang sudah di bongkar tadi. Rakit dengan benar dan hati-hati agar tidak sampai merusak komponen lainya. Saatnya menyalakan ponsel Android kamu dan lihat hasilnya jika memang dapat diselamatkan dengan pertolongan pertama ini, maka kamu berhasil mengatasi Hp yang terken air tersebut.

Baca juga smartphone tahan air dengan kualitas yang terbaik.

Nah, diatas adalah bentuk kerusakan yang terjadi jika Hp Android kamu terkena air dan Cara mengatasi Hp terkena air. Langkah-langkah diatas harus kamu lakukan dalam pertolongan pertama saat terjadi hal demikian. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu dalam memperbaiki Smartphone yang terkena air.