HP Android Lemot? Ikuti Cara Ini Untuk Mengatasinya

Terkadang kita merasa jengkel bila smartphone kita tiba-tiba lemot atau bahkan ngehang. Pastinya membuat kita jadi serba salah, kalau dipaksakan membuka aplikasi banyak bisa menyebabkan aplikasi berhenti secara paksa. Penyebab dari hp android lemot ada banyak sekali, tapi kita harus mengindentifikasi masalahnya terlebih dahulu.

Identifikasi masalah sangat diperlukan agar penanganan yang kita lakukan bisa tepat pada sasaran yang dituju. Sehingga mempercepat tindakan yang harus dilakukan tanpa membuang banyak waktu. Masalah lemotnya ponsel android biasanya terjadi pada smartphone yang dibekali RAM hanya 1GB.

Tapi tidak menutup kemungkinan terjadinya kelambatan kinerja pada hp android dengan RAM diatas 1GB. Karena penggunaan aplikasi serta beragam fitur lainnya juga dapat meyumbang terjadinya pelambatan terhadap kinerja smartphone.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Pertama kita harus identifikasi terlebih dahulu apa penyebab ponsel kamu menjadi lambat dalam bekerja. Bila sudah ketemu penyebab lemotnnya maka bisa langsung diambil langkah pengamanan. Ada beberapa faktor yang bisa membuat lemot ponsel pintar milikmu, mari kita bahas satu persatu.

1.Hindari penggunaan Live wallpaper

live-wallpaper-android-lemot

Yang pertama adalah usahakan tidak menggunakan live wallpaper pada layar ponsel milikmu. Meskipun wallpaper hidup seperti itu membuat layar hp kamu jadi makin menarik, tetapi wallpaper tersebut bisa memakan cukup banyak RAM tanpa kamu ketahui.

Jadi usahakanlah menggunakan wallpaper gambar biasa saja. Selain lebih menghemat penggunaan RAM, pastinya juga menghemat penggunaan baterai. Lagi pula saat ini di internet kamu sudah bisa menemukan banyak gambar keren yang bisa kamu gunakan sebagai wallpaper.

2.Tutup aplikasi yang berjalan di Background

aplikasi-bcakground-android-lemot

Beberapa pengguna smartphone memang lebih senang, menutup aplikasi android pada ponsel mereka dengan menekan tombol home. Namun kebiasaan tersebut justru membuat banyak aplikasi berjalan pada background process, dan justru dapat menghabiskan kapasitas RAM hp kamu.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu hanya perlu menutup aplikasi android pada hpmu secara benar. Dengan menekan tombol recent apps pada layar, disitu kamu akan melihat aplikasi apa saja yang masih berjalan pada background. Kamu tinggal tekan tombol end process saja untuk menutup semua aplikasi yang masih berjalan.

3.Matikan fitur Auto Update Apps

autoupdate-apps-android-lemot

Cara yang ketiga untuk mencegah smartphone kamu jadi lemot adalah, mematikan fitur auto update aplikasi pada play stroe. Kalau fitur tersebut dinyalakan terus akan membuat aplikasi pada androidmu, terus melakukan pembaruan tanpa persetujuan dari kamu. Hal ini akan membuat memori kamu jadi semakin penuh tanpa kamu sadari.

Ketika tersedia pembaruan aplikasi pada smartpohne kamu, pastinya ukuran filenya juga akan bertambah besar. Hal itulah yang membuat memori internal hp kamu jadi semakin penuh, jadi lebih baik dimatikan saja fitur auto updatenya. Bila kamu ingin mengupdate aplikasinya kamu tinggal pilih satu persatu, aplikasi mana yang menurutmu penting untuk diupdate.

4.Hindari penggunaan widget yang tidak diperlukan

widget-android-lemot

Widget memang menjadi salah satu pemanis tampilan ponsel adroidmu. Tapi bila terlalu banyak memasang widget pada homescreen hpmu, pastinya akan memakan kapasitas RAM yang cukup besar. Sama seperti live wallpaper, widget juga dapat mengkonsumsi banyak daya bateraimu.

Karena widget tersebut biasanya berjalan menggunakan animasi. Sementara animasi widget yang berjalan secara real time seperti widget cuaca dan lokasi, akan menguras RAM serta baterai ponsel kamu. Jadi gunakanlah widget yang penting saja, jika tidak dibutuhkan sebaiknya tidak perlu memasang widget pada homescreen.

5.Pindahkan aplikasi ke memori eksternal

internal-eksternal-android-lemot

Untuk meringankan kapasitas memori internalmu. Kamu bisa memindahkan aplikasi yang terinstal di hpmu ke memori eksternal. Selain menghindari terjadinya perlambatan kinerja smartphone, cara ini juga bisa mencegah terjadinya kehilangan data aplikasi. Karena secara tidak langsung kamu sudah membuat cadangan file aplikasi milikmu itu.

Sisa memori internal yang terlalu sedikit sangat riskan dan menyebabkan ponsel android jadi lemot. Karena aplikasi yang berjalan memerlukan ruang cadangan dalam pengoperasiannya. Pada ruang cadangan itulah aplikasi tersebut menempatkan temporary files dan cache file miliknya.

6.Reset ulang HP android lemot

factory-resest-android-lemot

Memang dari semua cara yang sudah dijelaskan diatas, masih ada satu cara pamungkas yang pastinya bisa diandalkan. Bila kesemua cara itu sudah kamu lakukan namun masih terjadi lemot pada hpmu. Kamu bisa mereset ulang smartphone kamu ke pengaturan pabrik.

Karena setiap kali kamu menghapussebuah  aplikasi, ada saja data atau file sampah yang tertinggal. Akhirnya menumpuk dan memenuhi memori internal kamu. Sehingga membuat hp android lemot kinerjanya. Dengan meresetnya ke pengaturan pabrik, akan membuat file sampah yang tertinggal itu jadi hilang secara keseluruhan.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan terlebih dahulu kamu sudah membackup semua data penting pada hpmu. Baik itu kontak BBM, whatsapp atau pun kontak telpon. Karena bila proses resetnya sudah berjalan tidak akan bisa dibatalkan, dan data pada memori internalmu akan hilang. Yang ada hanya aplikasi bawaan pabrik dari ponsel pintar kamu.

kinerja smartphone
Baca juga:
Kinerja Smartphone Yang Optimal, Beginilah Cara Menjaganya

Itu tadi cara mengatasi HP android lemot yang terkadang membuat kita semua jengkel. Kamu harus rajin menjaga kinerja smartphonemu agar tetap optimal, agar usia ponsel pintar kamu juga tetap panjang. Bila diperlukan kamu bisa memasang aplikasi semacam 360 security atau clean master, untuk membantumu memilih dan menghapus file sampah yang membuat perangkat android kamu jadi lemot.