Gampang Banget! Begini Cara Mengatasi BBM Pending

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi chatting BlackBerry Messenger, atau yang biasa disingkat BBM. Tentu saja kamu sudah mengenal aplikasi tersebut, karena BBM merupakan aplikasi chatting paling populer beberapa tahun belakangan. Tapi ada satu masalah yang paling sering dialami para pengguna aplikai BBM, yaitu pesan yang dikirm sering sekali pending. Untuk itu TeknoBos kali ini akan memberikan tips, cara mengatasi BBM pending dengan mudah.

Pada awalnya memang aplikasi chatting ini hanya bisa berjalan pada ponsel dengan platform BlackBerry, karena memang BBM merupakan aplikasi bawaan BlackBerry. Namun seiring berjalannya waktu popularitas ponsel android juga semakin melambung, sehingga pemilik adnroid menginginkan BBM dapat berjalan pada platform android. Ahkirnya pada tahun 2013 BlackBerry resmi menyajikan layanan pesan instan BBM pada platform android dan IOS.

Cara Mudah Mengatasi BBM Pending

Meskipun aplikasi chatting BBM terbilang populer di kalangan pengguna ponsel pintar saat ini, tapi kendala yang muncul justru sangat klasik. Masalah yang paling sering dialami oleh pengguna aplikasi pesan instan ini adalah, pesan yang kita kirimkan sering sekali mengalami pending. Meskipun jaringan internet kita sudah terhubung, tapi tetap saja pesan BBM kita sulit terkirim. Untuk itulah TeknoBos kali ini akan memberikan tips mengatasi BBM yang pending.

1. Nyalakan dan matikan Airplane Mode

airplane-mode-bbm-pending

Jaringan internet pada smartphone terkadang sering mengalami masa idle, yang disebabkan dalam beberapa waktu tidak digunakan, sehingga koneksinya tidak bisa langsung kembali stabil. Pesan BBM yang pending pastinya berpengaruh dengan koneksi internet yang kurang stabil. Maka coba kamu nyalakan mode pesawat pada ponselmu, setelah beberapa detik silahkan matikan kembali airplane mode tersebut. Cara ini digunakan untuk memaksa restart koneksi internet, sehingga koneksinya dapat tersambung kembali.

2. Atur jaringan ke 3G atau 4G

jaringan-3g-4g-bbm-pending

Terkadang jaringan internet mengalami ketidakstabilan di beberapa titik lokasi, ini menyebabkan jenis jaringannya berubah-ubah dari 2G, 3G ataupun 4G. Untuk menghindari perubahan jaringan seperti itu, pastikan kamu mengatur posisi jaringannya ke 3G atau 4G saja. Metode ini dilakukan agar koneksi internet terhadap aplikasi BBM kamu tetap stabil di jaringan 3G ataupun 4G.

3. Update aplikasi BBM ke versi terbaru

update-aplikasi-bbm-pending

Pesan BBM mengalami pending atau aplikasi cahtting tersebut mengalami crash, kemungkinan karena versi BBM yang kamu miliki sudah out of date. Oleh karena itulah kamu harus mengupdate aplikasi itu ke versi yang paling terbaru, agar terhindar dari bug yang menyebabkan pesan BBM kamu pending semua.

4. Restart smartphone

restart-ponsel-bbm-pending

Cara lainnya untuk mengatasi BBM pending adalah dengan merestart ulang ponsel pintar kamu. Karena biasanya smartphone yang sudah beberapa hari tidak dimatikan, sering mengalami sedikit error. Tapi bila smartphone tersebut di matikan dan dinyalakan kembali, biasanya akan kembali berfungsi dengan normal.

5. Cek kuota paket data

kuota-internet-bbm-pending

Penyebab dari pesan BBM yang pending tentu saja dipengaruhi oleh jaringan internet. Bila kuota paket data kamu habis, pastinya ponsel android kamu tidak bisa terkoneksi dengan internet. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu kuota paket internet kamu masih ada. Karena bisa saja tanpa kamu sadari kuota data atau masa aktif paket kamu sudah habis.

fitur-bbm-terbaru
Baca juga:
Intip 5 Pembaruan Aplikasi dan Fitur BBM Terbaru

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan, untuk mengatasi pesan BBM yang pending. Agar aktifitas chatting kamu tetap berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Jika kamu mengalami pesan pending pada aplikasi BBM, jangan ragu untuk mencoba cara yang sudah dijelaskan di atas.