Teknobos
Tech in Touch

Cara Mengaktifkan Windows Defender pada Windows 10

Apakah kamu masih bingung mengenai cara mengaktifkan windows defender? Windows defender adalah salah satu software antivirus yang disediakan oleh windows secara cuma-cuma. Tentunya, windows defender mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kelebihannya adalah dapat membersihkan secara maksimal, dapat memberikan peringatan akan ancaman maleware berbahaya maupun ancaman virus. Namun, windows defender juga memiliki kekurangan, antara lain dapat melemahkan komputer bila dipakai bersamaan dengan beberapa antivirus lain serta tingkat ketelitian yang rendah.

Lalu, bagaimanakah cara mengaktifkan windows defender pada windows 10 dengan mudah? Berikut ini beberapa langkah untuk mengaktifkan windows defender pada windows 10. Bagi kamu yang menggunakan windows 10, ada dua cara untuk mengaktifkan windows defender, yaitu melalui settings dan melalui group policy.

 

 

Cara Mengaktifkan Windows Defender pada Windows 10 - Tips

Aktivasi Windows Defender

  1. Mengaktifkan windows defender melalui settings

Mengaktifkan windows defender melalui settings merupakan langkah tepat yang dapat kamu lakukan apabila windows 10 mu masih home edition.

  • Pertama, klik ikon gambar gear pada start menu, lalu bukalah jendela settings.

  • Kedua, pilihlah Update and security setelah jendela settings terbuka.

  • Ketiga, pilihlah windows defender pada jendela update and security.

  • Keempat, Aktifkan windows defender dengan cara menggeser tombol OFF ke ON pada bagian real-time protection.

  1. Mengaktifkan windows defender melalui group Policy

Nah, untuk kamu yang sudah menggunakan windows 10 versi Pro dan Enterprise, kamu bisa mengaktifkan windows defender dengan menggunakan group policy. Caranya adalah:

  • Langkah pertama , bukalah Editor Group Policy. Caranya yaitu dengan mengetik Group Policy di kotak search. Setelah muncul editor group policy, tekan enter.

  • Pada Jendela Local Group Policy Editor, Pilihlah Computer Configuration

  • Klik Administrative Templates, kemudian klik Windows Components, lalu Klik Windows Defender, lalu Real Time Protection.

  • Lihatlah menu di sisi kanan jendela, pilihlah pengaturan Turn off Real-Time Protection lalu double klik pengaturan tersebut agar jendela Turn off real-time Protection terbuka.

    Baca juga tips komputer lainnya.