Fitur Rahasia! Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada YouTube

Google menyematkan fitur rahasia pada halaman website YouTube miliknya, fitur tersebut sebenarnya hanya untuk merubah tampilannya saja. Fitur ini membuat tampilan situs tersebut jadi agak gelap, tapi dengan tampilan gelap itu, membuat halaman situs ini jadi nampak elegan. Meskipun rahasia, tapi cara mengaktifkan Dark Mode pada YouTube ini sudah bocor di dunia maya.

Biasanya yang kita tahu, halaman situs YouTube memiliki warna latar berwarna putih, dengan beberapa sentuhan merah dibagian-bagian tertenu. Namun sebenarnya tampilan halaman situs streaming video itu, bisa kita kustomisasi, dan membuat tampilannya lebih gelap.

Tampilan halaman yang gelap pada website YouTube itu biasa disebut Dark Mode. Dan kita bisa mengaktifkan mode gelap pada halaman situs tersebut dengan mudah.

Dark Mode pada halaman YouTube, tidak disediakan begitu saja, seperti tema yang bisa dirubah-rubah pada launcher android. Tapi kita diharuskan sedikit mengoprek source code pada situs tersebut, layaknya seorang developer website.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada YouTube

Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada YouTube
source: youtube

Mode gelap yang ada pada YouTube memang tersembunyi, dan mungkin belum banyak orang yang tahu. Tapi beberapa orang telah memberikan bocoran, agar kita bisa mengaktifkan mode gelap pada halaman YouTube.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan mode gelap pada YouTube adalah sebagai berikut:

  • Buka situs YouTube menggunakan Google Chrome pada komputer atau laptop. Namun pastikan dulu, Chrome yang kamu gunakan adalah versi 5.7.
  • Untuk memeriksanya, silahkan buka menu Setting pada pojok kanan atas Setting > About, disitu kita dapat melihat versi Chrome yang terinstal di komputer kita.
  • Setelah halaman utamanya terbuka, kita bisa masuk ke dalam jendela developer menggunakan kombinasi tombol CTRL + SHIFT + I. Cara lainnya untuk membuka jendela developer pada browser Chrome adalah dengan menekan tombol F12.
  • Bila jendela developer sudah terbuka, kemudian pilih tab Console. Lalu pada bagian teks tempelkan code berikut ini document.cookie=”VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE”.
  • Selanjutnya tekan Enter, lalu tutup kembali jendela developer dan refresh halaman tersebut.
  • Kemudian di halaman YouTube klik foto profil kita yang ada di pojok kanan atas, nantinya akan muncul banyak opsi. Pilihan opsi yang muncul sangat berbeda dari biasanya.
  • Pada opsi tersebut kita bisa memilih Dark Mode > Activate Dark Mode. Seketika halaman YouTube kita akan berubah menjadi gelap, dengan warna latar berwarna hitam.
Dark Mode Pada YouTube
source: youtube

Itulah cara untuk mengaktifkan Dark Mode pada YouTube, sehingga tampilan halaman situs tersebut jadi lebih elegan. Tapi yang harus diingat adalah, Google Chrome yang digunakan harus versi 5.7 ke atas. Sayangnya fitur Dark Mode pada YouTube ini belum tersedia untuk platform android, jadi saat ini hanya bisa diterapkan melalui komputer atau laptop.

Bila kamu tertarik, kamu bisa baca artikel cara menghasilkan uang dari YouTube. Jadi kamu bisa menghasilkan uang jajan tambahan dari layanan Google tersebut, seperti layaknya YouTuber yang saat ini sedang tren.