Cara Mengaktifkan Cortana Pada Windows 10

Pengguna Windows 10 banyak yang mencari informasi mengenai cara mengaktifkan Cortana. Mengapa? Karena ketika mereka berhasil mengaktifkan Cortana, mereka akan mendapatkan keuntungan lebih dalam menggunakan Windows 10.

Apa itu Cortana?

Cortana merupakan asisten yang dibuat khusus Windows 10. Asisten digital ini hampir seperti asisten digital lainnya yang lebih banyak ditemui pada ponsel pintar. Cortana yang aktif bisa digunakan untuk membantu kegiatan kamu. Kamu bisa memerintahkan Cortana melalui suara dan nantinya Cortana akan merespon pesan kamu.

Apa yang bisa dilakukan dengan Cortana?

Dengan mengaktifkan Cortana, kamu bisa melakukan perintah seperti untuk memainkan music. Perintah yang mungkin disampaikan adalah “Cortana, play music”. Sebagai respon, Cortana akan menjalankan Windows 10 untuk memutarkan music dengan sendirinya. Kamu juga bisa meminta Cortana untuk melakukan hal lain seperti membuka browser, mematikan Wi-Fi dan lainnya.

Namun perlu diingat bahwa kemampuan Cortana masih terbatas. Artinya, mungkin asisten digital ini nantinya tidak akan bekerja karena tidak memahami ucapan pengguna. Untuk bisa menggunakannya, kamu juga harus memerintah menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

cara mengaktifkan Cortana - Tips

Cara Mengaktifkan Cortana

Cara mengaktifkan Cortana sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menggunakan akun Microsoft saja. Jika belum punya, kamu harus mendaftar dahulu. Namun jika sudah punya, kamu bisa langsung pergi ke menu Setting pada laptop kamu.

Kemudian, pastikan microphonemu aktif agar Cortana bisa mendengar perintah yang kamu bicarakan. Klik menu Setting atau dengan kombinasi tombol Windows+I . Setelah masuk kedalam menu tersebut, pastikan kamu memilih menu Time and Language. Ubah Country Region menjadi United States.

Setelah hal diatas diaplikasikan, kamu bisa menuju menu Search yang terdapat pada pojok kiri bawah pada menu task bar. Klik icon search dan temukan Cortana dalam menu itu. Kamu akan melihat bahwa Cortana dimatikan. Nah disini, kamu harus mengaktifkannya. Kamu tinggal klik toggle untuk mengaktifkannya. Nantinya kamu akan diminta untuk login kea kun Microsoft sebagai verifikasi. Ikuti saja prosesnya hingga muncul pemberitahuan bahwa Cortana sudah siap bekerja.

Meski terlihat sedikit rumit, namun cara mengaktifkan Cortana sebenarnya sangat mudah karena hanya tinggal mengikuti instruksi saja.

baca juga tips komputer lainnya.