Gmail: Cara Menarik Email Yang Terlanjur Dikirim

Beberapa pengguna komputer mungkin pernah mengalami, belum selesai mengetik email, tapi tidak sengaja menekan tombol kirim. Tentu kita akan kebingungan untuk membatalkan email yang sudah terkirim itu. Bila kita mengalami hal itu, tidak perlu bingung, karena kita bisa menarik email yang terlanjur dikirim, dengan fitur yang tersedia pada gmail.

Email yang terlanjur dikirim, padahal belum selesai diketik, memang cukup memusingkan, terlebih jika email tersebut bersifat penting. Apa lagi bila alamat email yang dituju adalah alamat email seseorang yang penting pula, tentunya kita merasa tidak nyaman dengan adanya kesalahan itu.

Selama ini kita hanya tahu, jika email sudah terkirim, maka kita tidak bisa menarik kembali email itu. Tapi pada layanan Gmail kita bisa menarik kembali email yang sudah terlanjur dikirim, selama belum sampai 30 detik email itu terkirim.

Cara Menarik Email Yang Terlanjur Dikirim Pada Gmail

Pada layanan email milik Google, terdapat fitur yang memungkinkan kita untuk menarik email yang terlanjur terkirim. Fitur ini dihadirkan oleh Google, untuk meminimalisir terjadinya ketidak sengajaan pengguna dalam menekan tombol kirim, padahal emailnya belum selesai ditulis.

Agar lebih mudah dipahami, mari kita praktikan langsung cara menarik email yang sudah terlanjur dikirm, meski email tersebut belum selesai diketik.

1. Masuk ke akun Gmail

Masuk-ke-akun-Gmail
source: gmail

Pertama kita harus masuk ke akun Gmail terlebih dahulu, hingga muncul kumpulan email yang ada di dalam inbox Gmail kita.

2. Buat pengaturan “Urung Kirim”

Buat-pengaturan-Urung-Kirim
source: gmail

Bila sudah masuk ke halaman Gmail, kita harus membuat pengaturan Aktifkan Urung Kirim. Caranya, pilih menu pengaturan yang ada di pojok kanan atas, Pengaturan > Urung Kirim.

3. Aktifkan “Urung Kirim”

Aktifkan-Urung-Kirim
source: gmail

Kemudian ceklis pilihan Aktifkan Urung Kirim, di situ kita akan menemukan pilihan waktu untuk mengurungkan pengiriman email. Terdapat empat pilihan waktu, yaitu 5 detik, 10 detik, 20 detik, dan 30 detik. Kita bisa menyesuaikan waktu yang kita butuhkan, tapi agar lebih aman, kita bisa pilih yang 30 detik.

4. Simpan pengaturan

Simpan-pengaturan
source: gmail

Jika semua langkah tadi sudah dikuti, maka selanjutnya tinggal disimpan saja pengaturan yang tadi sudah dibuat. Gulir layar ke bagian bawah, kemudian klik tombol Simpan Perubahan.

Sekarang fitur Urung Kirim pada layanan Gmail kita sudah aktif. Nantinya ketika kita mengirimkan email, akan muncul kotak berwarna kuning di bagian atas. Bila kita ingin membatalkan pengiriman email tersebut, kita hanya perlu mengklik pada kata Urung. Untuk lebih jelasnya, akan muncul kotak berwarna kuning seperti gambar di bawah ini.

urungkan-pengiriman-email
source: gmail

Itulah cara menarik email yang terlanjur dikirim, agar kita bisa menarik kembali email yang tidak sengaja terkirim. Baik itu karena tidak sengaja menekan tombol kirim, ataupun karena ada yang harus ditambahkan dalam pesan email tersebut. Tapi yang harus diingat, fungsi tersebut hanya akan berjalan selama 30 detik, sesuai pengaturan yang kita buat.

Jika sudah lebih dari 30 detik, kita belum mengklik kata urung, maka pesan email tersebut akan tetap terkirim, dan akan diterima oleh si penerima. Sebagai catatan, fitur ini baru bisa digunakan melalui komputer, sementara untuk smartphone, fitur ini belum tersedia.

Bila kamu sudah selesai membuka akun Gmail milikmu, jangan lupa untuk sign out dari akun tersebut. Berikut ini ada cara mudah sign out akun Gmail dari beberapa perangkat yang terhubung. Agar semua perangkat yang terhubung dengan akun Gmail kamu, dapat sign out sekaligus.