4 Cara Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa smartphone harus dicas ketika baterainya sudah kritis, tapi tentu saja mengisi daya baterai ponsel membutuhkan waktu yang lumayan lama. Terlebih lagi jika baterai hpnya memiliki kapasitas yang cukup besar, pastinya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengecas baterainya. Kali ini kita akan membahas cara mempercepat pengisian baterai smartphone, agar lebih menghemat waktu dan listrik.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pengisian baterai ponsel terasa lama, sudah menunggu sekian lama tapi baterainya baru terisi beberapa persen saja. Bila kita sedang santai mungkin hal itu tidak menjadi masalah, tapi jika kita sedang terburu-buru pasti membuat kita resah.

Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

Agar pengisian baterai ponsel dapat dilakukan dengan cepat, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan. Sehingga dapat membuat kita lebih hemat waktu meskipun sedang dalam keadaan mendesak, dan smartphone kita masih bisa menyala untuk beberapa waktu kedepan. TeknoBos akan memberikan tips agar pengisian baterai jadi lebih cepat, tanpa repot dan tidak perlu root sama sekali.

1.Matikan ponsel ketika proses charging sedang berlangsung

matikan-ponsel-saat-charging

Terkadang pengguna smartphone sulit lepas dari ponsel mereka, bahkan saat dicas saja masih terus digunakan. Hal ini termasuk faktor yang bisa memperlambat pengisian daya baterai, sehingga membutuhkan waktu cukup lama agar baterainya penuh. Jadi saat mengisi baterai usahakan mematikan hp-nya terlebih dahulu, agar proses pengisian baterai bisa lebih cepat.

2.Mengaktifkan mode pesawat / Airplane Mode

aktifkan-airplane-mode

Jika mematikan ponsel dirasa kurang nyaman, dan khawatir akan ada chating WA, BBM atau Line penting yang akan terlewatkan. Kamu bisa mengaktifkan mode pesawat saat sedang mengisi daya beterai ponsel, seperti yang kita ketahui penerimaan sinyal juga memakan daya baterai yang cukup besar. Untuk itu kamu bisa aktifkan mode pesawat dan beralih ke jaringan Wifi bila ada, sehingga pengisian baterai jadi lebih cepat.

3.Gunakanlah charger original

gunakan-charger-original

Charger original tentu memiliki kemampuan pengisian baterai yang lebih baik, dibanding charger bajakan yang justru bisa merusak baterai. Karena kabel serta adaptor bajakan tidak memiliki standar tegangan yang jelas, bila memaksa menggunakannya bisa membuat ponsel kamu jadi panas bahkan meleleh. Oleh karena itu gunakanlah charger original, agar bisa mempercepat pengisian baterai smartphone.

4.Jangan cas smartphone melalui PC atau Laptop

Pengguna smartphone biasanya sering melakukan kebiasaan ini, tanpa kalian sadari sebenarnya mengecas smartphone melalui komputer atau laptop kurang efektif. Karena arus yang masuk ke dalam ponsel tidak menentu, sehingga membuat pengisian daya baterai jadi agak lama. Lebih baik kamu menghubungkan adaptornya langsung ke stop kontak atau terminal listrik, agar arus yang masuk ke baterai tetap stabil dan tidak membuang banyak waktu.

Demikian 4 cara mempercepat pengisian baterai smartphone, dengan mengikuti cara di atas pastinya baterai ponsel kamu juga jadi lebih awet. Karena arus tegangan yang masuk ke baterai selalu sesuai standar, tidak berlebihan atau justru kurang. Selain itu baca juga tips cara merawat charger smartphone, agar charger hp kamu tetap awet.

Note: Jangan biarkan baterai smartphone kamu habis total, karena pengisiannya akan semakin lama. Sisakan 15% atau 20% baterai saat ingin dicas, agar proses pengisian baterai bisa lebih cepat.